Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Digelar Serentak di 12 Provinsi

Headline, Nasional257 views

Inionline.id – Vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun mulai digelar Badan Intelijen Negara (BIN). Vaksinasi digelar di Banten dan 11 provinsi lainnya.

Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Banten. Budi mengatakan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

“Presiden sudah menginstruksikan agar anak-anak usia 6-11 tahun untuk divaksin. Maka dari itu, kita menggelar vaksinasi secara serentak di 12 provinsi sebagai upaya menekan kasus COVID-19,” ujar Budi dalam keterangan tertulis, Rabu (15/12/2021).

BIN Daerah Banten menggelar vaksinasi di Tangerang, Lebak, dan Cilegon. Selain Banten, 11 provinsi lainnya yang menggelar vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Kepri, Bali, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Bangka Belitung, dan Sulawesi Utara.

Kabinda Banten, Brigjen TNI Cahyono Cahya Angkasa mengatakan siap menyukseskan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Di Banten, kegiatan vaksinasi mulai digelar di SDN Rawabuntu 3, Serpong, Tangerang Selatan.

“Hari ini kami Binda Banten melaksanakan vaksinasi khusus pelajar 6-11 tahun di tiga wilayah yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan dengan jumlah pelajar yang divaksin sekitar 1.500 pelajar,” ucap Cahyono.

Sementara itu, Kabag Ops Binda Kepri, Kolonel Chb Komara Manurung menyebut pihaknya bekerja sama dengan lintas instansi dalam menggelar vaksinasi. Total ada 12 titik lokasi vaksinasi yang digelar Binda Kepri.

“Bekerja sama dengan Polresta Barelang, PT Tidar Perkasa Batam, Pondok Pesantren Al Panchori Tanjung Piayu Batam, Sekolah Dasar Yos Sudarso Batam, dan Puskesmas Tanjung Balai Karimun Kabupaten Karimun,” kata Komara Manurung.

Sementara itu, Kabinda Sulawesi Utara, Laksma TNI Adriansyah mengatakan pelaksanaan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021. Menurut dia, pelaksanaan kegiatan telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

“Kegiatan vaksinasi terhadap sasaran anak umur 6-11 tahun, mulai kami terapkan hari ini untuk memacu percepatan vaksinasi nasional. Ke depan selain di Kota Bitung, vaksinasi anak juga akan dilaksanakan di Kota Manado, Kota Tomohon, Kab Minahasa, Kab Minahasa Utara dan Kab Minahasa Tenggara,” imbuh Adriansyah

Di sisi lain, Kabinda Kalteng Brigjen TNI Sinyo mengatakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun sangat aman. Dia pun meminta para orang tua tak khawatir.

“Pemberian vaksin untuk anak 6-11 tahun ini karena kita ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia, khususnya di Kalimantan Tengah sebagai bagian dari upaya mencegah penularan COVID-19,” tutur Sinyo.

Binda Kalteng menggelar vaksinasi di Pondok Pesantren Bina Insan, Kabupaten Kotawaringin Barat dengan sasarannya para santriwan dan santriwati.

Adapun kegiatan vaksinasi di 12 provinsi tersebut dilakukan secara serentak pada Selasa (14/12). Selain menggelar vaksinasi, BIN juga memberikan paket bantuan sembako hingga vitamin.

Sebagai informasi, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan Presiden Jokowi meresmikan program vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada hari ini, Selasa (14/12).

“Pemberian vaksinasi anak yang pertama kali akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan vaksinasi untuk anak yang sudah memperoleh izin dari BPOM adalah Sinovac,” ujar Budi beberapa waktu lalu.