Tambah 5 Titik BBM Satu Harga di Sulawesi, Pertamina Hadirkan Energi Untuk Warga Pelosok 3T

Berita857 views

Bitung dan Gorontalo, Inionline.id – Seperti kita ketahui, Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dan memiliki tantangan distribusi energi tersulit di dunia. Bahkan, masih ada beberapa lokasi di pelosok Indonesia yang hingga saat ini belum merasakan mudahnya mendapatkan akses energi.

Untuk itu, salah satunya agar energi dekat dengan masyarakat, pemerintah mencanangkan program BBM Satu Harga. Dimana pada program BBM Satu Harga ini, Pertamina diberikan mandat untuk menjamin ketersediaan energi terutama ketersediaan BBM di wilayah terluar, terdepan dan tertinggal (3T). Sebelumnya, wilayah 3T ini merupakan wilayah yang belum terjamah akses energi sama sekali seperti di wilayah lainnya dikarenakan lokasi dengan akses yang sulit.

Di Indonesia, program BBM Satu Harga ini pun dijalankan di wilayah Sulawesi. Sulawesi memiliki karakteristik geografis kepulauan dan beberapa pegunungan sehingga terdapat beberapa daerah yang terisolir dikarenakan akses untuk menuju tempat lainnya terhalang karena medan yang dilalui cukup ekstrem ataupun terpisah cukup jauh dari daratan. Hal ini tak menyurutkan langkah Pertamina untuk menghadirkan energi di daerah tersebut dengan harga sama seperti yang dinikmati masyarakat di perkotaan.

Pada Selasa (14/12), secara serentak Pertamina dan BPH Migas meresmikan 5 titik BBM Satu Harga di Sulawesi. Acara peresmian dilakukan di 2 lokasi berbeda yaitu peresmian 4 titik BBM Satu Harga di Integrated Terminal Bitung, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara dan peresmian 1 titik BBM Satu Harga di SPBU 76.96221 Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Pada kesempatan peresmian 4 SPBU BBM Satu Harga di Integrated Terminal Bitung, turut meresmikan Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman, VP Goverment Assignment PT Pertamina (Persero), Edi Ariawan, Asisten II Setda Provinsi Sulut, Praseno Hadi, Wakil Bupati Sitaro, John Palandung dan Kepala Bappeda dan Litbang Banggai Kepulauan, Muhammad Ari Susanto.

Sementara itu, pada acara peresmian SPBU 76.96221 BBM Satu Harga Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara turut hadir meresmikan Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Komite BPH Migas, Wahyudi Anas dan Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Agus Dwi Jatmoko.

Tantangan Distribusi BBM ke Lokasi BBM Satu Harga di Sulawesi

Salah satu SPBU yang diresmikan yang berada di Provinsi Sulawesi Utara yaitu SPBU 76.95813 Kecamatan Siau Timur Selatan, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Provinsi Sulawesi Utara. Sebagaimana kita ketahui, distribusi BBM ke Kepulauan di Sulawesi Utara memiliki tantangan yang cukup berat dengan tantangan distribusi tersendiri. Dimana pengiriman melalui kapal sangat bergantung dengan kondisi cuaca apalagi di akhir tahun seperti ini curah hujan sangat tinggi.

Penyaluran BBM ke kepulauan Sitaro dan kepulauan sekitarnya itu sendiri normalnya disalurkan bisa mencapai 2 hari, apabila cuaca sedang tidak bagus pengiriman pun dapat melebihi waktu 2 hari. Pengiriman BBM dilakukan dari Integrated Terminal Bitung, dimana kapal yang digunakan harus kapal besar karena distribusi yang sangat menantang mengarungi Samudera Pasifik. Kapal besar ini pun dapat mengangkut banyak muatan BBM dalam sekali penyaluran sehingga penyaluran bisa lebih efisien untuk menyalurkan ke SPBU yang berada di kepulauan-kepulauan di bagian utara Sulawesi Utara.

Dengan hadirnya BBM Satu Harga di Kepulauan Sitaro, tentunya memudahkan masyarakat yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan dan petani untuk memperoleh BBM. Harga BBM yang didapatkan oleh masyarakat kepulauan pun sama dengan harga di perkotaan sehingga para nelayan dan petani tidak lagi harus jauh mencari BBM ke daerah perkotaan.

Berbeda dengan tantangan yang dihadapi saat melakukan distribusi BBM ke daerah kepulauan. Tantangan distribusi BBM ke Kecamatan Sumalata yang berada di Provinsi Gorontalo ini cukup berat dikarenakan akses jalan yang cukup sulit. Mobil tangki kapasitas 5 KL yang digunakan oleh Pertamina untuk mendistribusikan BBM harus melalui medan yang berbukit, jalanan kecil dan berbahaya karena melewati perbukitan dan jurang. Belum lagi, wilayah yang dilalui sepanjang perjalanan distribusi BBM adalah wilayah rawan longsor dan medan perbukitan dengan elevasi yang cukup tinggi, sehingga para awak mobil tangki pun harus ekstra lebih hati-hati.

Dengan hadirnya BBM Satu Harga di Kecamatan Sumalata ini, tentunya memudahkan masyarakat yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan dan petani untuk memperoleh BBM. Sebelum adanya BBM Satu Harga, BBM dibeli warga di pengecer dengan harga Rp10.000 – 15.000 per botol untuk jenis bahan bakar Pertalite. Faktor jarak yang jauh dengan SPBU terdekat dari Kecamatan Sumalata yaitu berjarak 73 km dari SPBU reguler dan berjarak 24 km dari SPBU BBM Satu harga terdekat, tentunya menjadi hal yang membuat harga BBM disana menjadi mahal. Tentunya dengan kehadiran BBM Satu Harga ini, para nelayan dan petani tidak lagi harus jauh mencari BBM ke daerah perkotaan.

BBM Satu Harga, Komitmen Pemerintah dan Pertamina Hadirkan Pemerataan Energi di Sulawesi

Pada kesempatan tersebut, Komite BPH Migas, Wahyudi Anas mengatakan pembangunan BBM Satu Harga yang dilaksanakan khususnya di wilayah Sulawesi ini adalah untuk mendekatkan penyediaan BBM Satu Harga yang menyediakan BBM Subsidi pemerintah sampai di masyarakat.

“SPBU BBM Satu Harga ini ditargetkan dibangun di wilayah 3T. Harapan pemerintah melalui program ini adalah agar seluruh masyarakat dapat menikmati harga BBM itu satu harga. Subsidi BBM dari pemerintah saat ini yaitu Bio Solar yang masuk kategori JBT (Jenis Bahan Bakar Tertentu) dengan harga Rp5.150 sama di seluruh Indonesia. Ini agar kita bisa menurunkan dan menstabilkan harga BBM yang sebelum adanya SPBU BBM Satu Harga, BBM mungkin dijual oleh kelompok masyarakat dengan tidak berizin dan tidak sesuai regulasi dengan harga yang tinggi. Maka dengan kondisi ini Pertamina hadir untuk menyiapkan SPBU BBM Satu Harga di wilayah kategori 3T,”ungkapnya.

Anas pun menambahkan target pembangunan SPBU BBM Satu Harga dari tahun 2017 – 2024 di Sulawesi sendiri sebanyak 58 titik. “Semoga dengan mendekatkan akses BBM di masyarakat melalui program BBM Satu Harga ini akan meringankan masyarakat atas beban pembelian BBM yang sebelumnya jauh di atas SPBU bisa sampai Rp10.000 – Rp15.000 per liter atau botolnya. Diharapkan masyarakat lebih efisien memperoleh BBM dan mendukung pergerakan ekonomi di daerah 3T,” pungkasnya.

Sementara itu, Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Agus Dwi Jatmoko mengungkapkan bahwa pembangunan BBM Satu Harga bagian dari komitmen Pertamina mewujudkan keadilan energi serta ketahanan energi di wilayah yang selama ini sulit dijangkau. Capaian seluruh titik lembaga penyalur ini tentu bukan hal yang mudah karena sepanjang tahun ini pandemi masih berlangsung dan kondisi geografis di wilayah yang menjadi target BBM 1 harga semakin menantang.

Agus pun menambahkan sejak tahun 2017 hingga saat ini, sebanyak 31 titik BBM Satu Harga telah beroperasi di wilayah Sulawesi, dimana BBM yang dijual adalah sama dengan harga di SPBU perkotaan dan Pertamina menanggung seluruh biaya distribusi ke SPBU BBM Satu Harga. Khusus untuk tahun ini, tambahan 9 titik BBM Satu Harga menjadi bentuk komitmen Pertamina Patra Niaga agar pemerataan akses energi dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Pencapaian pembangunan SPBU BBM Satu Harga ini tentunya tidak terlepas dari dukungan Pemerintah dan koordinasi yang baik dari berbagai pihak mulai BPH Migas, Pemda terkait, Hiswana Migas hingga pengusaha SPBU. Kami berharap pemerataan energi melalui program ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sehingga roda ekonomi terus bergerak tumbuh khususnya di wilayah 3T yang sebelumnya tidak terjamah atau sulit mendapatkan akses energi,” jelas Agus.

Pemerintah Daerah Sambut Antusias BBM Satu Harga sebagai Roda Penggerak Ekonomi Daerah

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah melalui Pertamina yang telah membangun SPBU BBM Satu Harga di Kecamatan Sumalata. Dia pun mengungkapkan bahwa Kecamatan samalata ini memiliki jarak tempuh 2 jam dari pusat kota. “Kita bisa bayangkan masyarakat pemilik kendaraan di sini termasuk nelayan dan para petani yang membutuhkan bahan bakar tentunya kesulitan. Dengan adanya BBM Satu Harga tentunya ini akan menggerakkan potensi ekonomi yang ada di wilayah ini karena semua sektor-sektor ekonomi sangat membutuhkan BBM, tentunya pergerakan ekonomi akan lebih cepat lagi,” ujarnya.

Indra pun menambahkan dengan adanya BBM Satu Harga di sini akan membuat masyarakat lebih mudah mendapatkan BBM, efisien dari segi waktu serta hemat dari biaya yang harus dikeluarkan. “Mendekatkan pelayanan BBM ini menjadi salah satu program pemerintah melalui Pertamina yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sekali lagi atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan Pertamina khususnya atas program BBM Satu Harga ini,” pungkasnya.

Senada dengan Indra, Asisten II Setda Provinsi Sulut, Praseno Hadi dalam sambutannya mengatakan pemerintah sangat menyambut gembira dan berterimakasih atas kepedulian dan perhatian dari Kementerian ESDM RI, serta sinergitas dari BPH Migas, Pertamina terhadap progres pembangunan bangsa di daerah melalui program BBM Satu Harga, terlebih khusus kepada masyarakat Sulawesi Utara.

Menurutnya, pembangunan BBM Satu Harga ini adalah wujud dukungan nyata dari Pemerintah Pusat dan stakeholders terkait terhadap daerah Sulawesi Utara dan daerah-daerah kepulauan lainnya di Indonesia. Dimana, pelaksanaan program ini diarahkan untuk menggerakkan sektor ekonomi domestik masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“BBM 1 Harga di wilayah Sulawesi Utara, sejak tahun 2017 hingga saat ini berarti sudah ada 7 Penyalur BBM 1 Harga yang sudah beroperasi, dan kesemuanya memberi dampak nyata bagi masyarakat Sulut di Kecamatan Melonguane, Kecamatan Kabaruan, Kecamatan Tagulandang, Kecamatan Miangas, Kecamatan Essang, Kecamatan Nanusa serta saat ini bertambah Kecamatan Siau Timur Selatan. Menjadi sukacita yang luar biasa. Karena itu, sangat diharapkan momentum ini akan menguatkan sinergitas dalam upaya membuat masyarakat di pulau, tetap merasa terlindungi, merasakan keadilan, dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, dan dapat menjadi masyarakat yang mandiri,” ujarnya.

Adapun 5 lokasi SPBU BBM Satu Harga di Sulawesi yang diresmikan serentak pada Selasa (14/12) antara lain :
1. SPBU 76.95813 Kecamatan Siau Timur Selatan, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Provinsi Sulawesi Utara
2. SPBU 76.93318 Kecamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tenggara
3. SPBU 76.94809 Kecamatan Bulagi Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah
4. SPBU 76.94808 Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah
5. SPBU 76.96221 Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo

Apabila masyarakat membutuhkan informasi seputar layanan BBM dan LPG, masyarakat juga dapat menghubungi layanan konsumen 24 jam melalui Pertamina Call Center 135.