Polda Banten Gelar Apel Besar Pam Swakarsa untuk Memelihara Situasi Kamtibmas

Antar Daerah1057 views

Inionline.id – Dalam rangka memelihara situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda Banten, Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari memimpin Apel besar pengamanan masyarakat (Pam) Swakarsa Tahun 2021 di Lapangan Apel Polda Banten pada Selasa (21/12).

Apel besar Pam Swakarsa ini dipimpin langsung oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari didampingi Irwasda Polda Banten, PJU Polda Banten dan dihadiri pimpinan intansi Pemerintah dan swasta, pimpinan badan usaha jasa pengamanan, asosiasi badan usaha jasa pengamanan wilayah Banten dan Satpam sebagai peserta apel.

Dalam sambutannya, Wakapolda Banten menyampaikan bahwa Satuan Pengamanan (Satpam) memiliki peran yang strategis, baik dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan kerja, maupun dalam mendukung program prioritas Pemerintah khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan dalam upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif.

“Kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesional sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Hal tersebut menjadi landasan reformasi baru bagi satuan pengamanan di Indonesia, mengingat satpam akan menjadi profesi yang memiliki jenjang karir berdasarkan kompetensi dan masa kerja dikemudian hari,” ujar Ery Nursatari.

Ery Nurstari menjelaskan bahwa untuk mewujudkan postur satuan pengamanan yang semakin unggul dan profesional maka diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal, diantaranya proses rekrutmen yang selektif serta peningkatan kapasitas yang berkualitas baik pada kualifikasi gada pratama, gada madya, maupun gada utama. Upaya ini membutuhkan kerjasama sinergis dan simultan dari segenap pemangku kepentingan yang berkecimpung dalam bidang Industrial Security.

“Mencermati situasi Kamtibmas yang sedemikian komplek dengan tantangan tugas yang dihadapi, terutama dimasa pandemi Covid-19 ini terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius untuk diantisipasi sejak dini, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat menganggu dan menghambat aktifitas masyarakat serta diharapakan kehadiran Satpam dapat membantu Polri dalam memberikan himbauan Protokol Kesehatan dan program percepatan vaksinasi,” kata Wakapolda Banten.

Ery Nursatari menyampaikan beberapa hal kepada seluruh personel Satuan Pengamanan (Satpam) untuk dapat dipedomani dan dilaksanakan, diantaranya senantiasa menigkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moril dalam mengemban amanah profesi yang luhur dan mulia, jaga kehormatan pribadi dengan berpegang teguh pada kode etik dan profesi Satpam serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, tingkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja sehingga dapat segera diantasipasi dengan optimal.

“Agar para Satpam senantiasa meningkatkan kompetensi diri baik melalui pendidikan maupun pelatihan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, dan membangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat serta tingkatkan kerjasama dengan jajaran Polri dan seluruh stakeholder lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan dilingkungan kerja,” ucap Ery Nursatari.

Diakhir, Wakapolda Banten menambahkan bahwa diakhir tahun 2021 ini kita harus bahu membahu menjaga keamanan dan keteriban di lingkungan masing-masing baik lingkungan kerja maupun lingkungan perumahan tempat tinggal kita, karena diakhir tahun banyak sekali intensitas kejahatan yang meningkat kemudian bencana alam yang terjadi diakhir tahun.  “Harapannya melalui apel besar Pam Swakarsa ini kita selalu menjaga kekompakan saling bersinergi antara Polri dengan Pam Swakarsa karena memang Satpam adalah binaan dari Polri,” tutupnya.

Sumber: beritafakta.id