Petugas Kepolisian Ikut Terus Genjot Vaksinasi, Kapolda Jabar: Data untuk Provinsi Sudah 67%

Berita157 views

Inionline.id – Untuk mengejar target vaksinasi di Jabar pada akhir tahun ini Petugas kepolisian ikut terus menggenjot vaksinasi. Warga yang belum divaksinasi akan dijemput menggunakan bus menuju lokasi pusat vaksinasi di Mapolresta Bandung.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Jabar Irjen Suntana. Ia menuturkan pihaknya akan melakukan akselerasi untuk mengejar target vaksinasi sekitar 70-80 persen.

Dari data yang ia peroleh, Jawa Barat sendiri masih berada di angka 67 persen untuk jumlah warga yang sudah divaksin.

“Kita melaksanakan akselerasi vaksin. Berdasarkan data untuk provinsi sudah mencapai 67 persen, sementara untuk Kabupaten Bandung sendiri baru 60 persen lebih,” ucap Suntana saat memantau vaksinasi di Mapolresta Bandung, Selasa (7/12/2021).

Ia mengharapkan agar vaksinasi di akhir tahun dapat mencapai target. Meski demikian, hal itu diperlukan kerjasama antar elemen termasuk masyarakat yang belum divaksinasi.

“Kita berharap di akhir Desember target pemerintah 70 persen bisa kita capai, salah satunya adalah dengan menggenjot upaya vaksinasi yang dilakukan dengan aparat dari Pemda, dioptimalisasi TNI Polri dan unsur terkait lainnya,” ungkap dia.

“Yang kedua, menambah herd imunity di lingkungan kita, Insya Allah di atas 70 persen kita sudah terbangun, penyebaran COVID-19 bisa terkendali,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ada sebanyak 17 ribu warga yang ditargetkan akan divaksin secara serentak di sejumlah kecamatan. Ia pun sempat memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Kalau di Bandung ini saya targetkan di atas 15 ribu, tapi hari ini dilaporkan oleh Kapolres 17 ribu, kalau ini terus dilaksanakan terus bersinergi. Harus optimistis, karena itu yang membuat kita semangat enggak pesimis, karena ini untuk kebaikan masyarakat, bakti urang kepada masyarakat, kalau masyarakat sehat negara juga kuat,” pungkasnya.

Selain di Mapolresta Bandung, Suntana juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di Mapolres Cimahi. Dia angkat jempol untuk cakupan vaksinasi COVID-19 di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat yang sudah mencapai 70 persen.

“Khusus Cimahi dan KBB itu sudah top banget. Cimahi (vaksinasi) sudah 90 persen, dan untuk KBB itu sudah di atas 70 persen. Ini merupakan hasil kerjasama dari semua pihak bahwa dalam menangani COVID-19 tidak ada instansi yang menjadi superman,” kata Suntana kepada wartawan.

Untuk bisa memenuhi target 70 persen vaksinasi yang dicanangkan, pihaknya memberikan dukungan dengan pelaksanaan vaksinasi di setiap Polres di wilayah Jawa Barat.

“Saya sudah mengunjungi 12 polres, seperti Sukabumi, Cirebon, dan daerah lain pencapaian vaksinasi di Jabar baru 68 persen. Kita diminta 70 persen menjelang Natal dan Tahun Baru, Insya Allah tercapai,” kata Suntana.

Jika cakupan vaksinasi pada akhir tahun 2021 ini bisa memenuhi target, pemerintah tetap bakal melakukan vaksinasi terhadap seluruh masyarakat hingga targetnya bisa mencapai 100 persen.

“Jadi untuk daerah lainnya tetap dikejar targetnya. Untuk vaksinasi terus, kalau Desember sudah 70 persen, lalu lanjut Januari 80 dan terus sampai herd immunity terbangun, jadi pandemi sampai endemi,” ucap Suntana.

Ia juga meminta supaya masyarakat yang belum divaksinasi agar segera divaksinasi. Sementara yang sudah divaksinasi supaya tidak mengendorkan penerapan protokol kesehatan.

“Pesan ke masyarakat jangan takut divaksinasi. Kalau sudah dosis pertama, harus vaksin kedua. Kalau sudah lengkap divaksinnya jangan lengah dan tetap wajib menggunakan masker dan menerapkan prokes,” ujar Suntana.