Pemerintah Dorong Masyarakat Segera Ikut Vaksinasi untuk Mencegah Omricon

Nasional257 views

Inionline.id – Pemerintah tak berhenti untuk menggencarkan vaksinasi ke seluruh daerah di Indonesia. Sebab vaksinasi menjadi salah satu pencegahan agar tidak tertular Covid-19, khususnya varian baru Omicron.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta masyarakat yang belum divaksin untuk segera melakukan vaksinasi di fasilitas terdekat.

Menurutnya, sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama yang sudah divaksin.

“Kunci pencegahan penyebarannya adalah segera divaksin, menaati protokol kesehatan, tetap waspada, dan tidak panik. Untuk itu, semua warga yang belum divaksin agar segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin,” ujar Johnny, Sabtu (18/12), dalam keterangan tertulisnya.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengumumkan satu kasus konfirmasi Covid-19 varian Omicron telah terdetekso di wilayah Indonesia. Kasus pertama ini terdeteksi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

“Munculnya kasus ini ini tidak terelakkan karena salah satu karakter varian Omicron adalah penularannya yang sangat cepat. Waspada penting, tapi jangan panik,” kata Johnny.

Menkominfo menegaskan, hal yang harus dilakukan dilakukan saat ini adalah berupaya sekuat tenaga agar varian omicron tidak meluas dan menghindari terjadinya penularan lokal. Seluruh elemen masyarakat diminta agar menjaga situasi Indonesia tetap baik dan mempertahankan tingkat penularan rendah.

Johnny pun meminta pemerintah daerah untuk menggencarkan penelusuran dan pengetesan kontak erat guna mendeteksi kasus konfirmasi secara lebih dini.

“Pejabat negara dan seluruh warga diharapkan dapat membatasi mobilitas dengan tidak melakukan perjalanan utamanya ke luar negeri untuk sementara waktu sampai situasi pandemi mereda,” ujar Menkominfo.