Pada Vaksinasi 2022 Kemenkes Tetapkan Sinovac Hanya untuk Anak

Berita057 views

Inionline.id – Pada tahun 2022 pelaksana tugas Dirjen dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu mengatakan vaksin Covid-19 Sinovac hanya akan digunakan untuk program vaksinasi anak usia 6-11.

Maxi menjelaskan hal itu dilakukan agar program vaksinasi anak usia 6-11 tahun bisa mencapai target yakni 26,8 juta anak.

“Sinovac mulai tahun depan hanya akan digunakan untuk dosis anak sehingga untuk vaksin Sinovac akan diprioritaskan di luar vaksin anak 6-11 tahun,” kata Maxi dalam diskusi virtual, Minggu (12/12).

Dia juga menyebut penting untuk pemerintah daerah serta dinas kesehatan di kabupaten/kota agar tak salah memberikan jenis vaksin pada anak-anak.

Pasalnya baru vaksin Sinovac yang telah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk digunakan pada anak-anak.

“Pengumuman penggunaan Sinovac untuk anak ini penting sekali agar tidak merugikan sasaran yang lain,” ucap Maxi.

Sebagai informasi vaksinasi Covid-19 pada anak mulai dilakukan pada Selasa (14/12) esok. Kemenkes mencatat 11 daerah sudah bisa melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada anak sebab capaian vaksinasi yang tinggi.

Kemenkes mengumumkan ada satu dari tiga daerah yang akan melangsungkan vaksinasi Covid-19 pada anak 6-11 tahun pertama kalinya. Rencananya program itu akan dilaksanakan di DKI Jakarta, Banten, atau Depok.

Vaksinasi Covid-19 pada anak 6-11 tahun juga akan digelar secara bertahap di kabupaten/kota lainnya pada 2022.