Hari AIDS Sedunia 2021, Ini Pesan Dewan Jabar Iwan Suryawan Untuk Pemerintah

Kesehatan157 views

Bogor, Inionline.id – Anggota Komisi V DPRD Jawa barat daerah pemilihan Kota Bogor H. Iwan Suryawan dikenal telah puluhan tahun sebagai salah satu tokoh pegiat HIV di kota hujan. Pada tahun ini dirinya tetap memiliki pesan dan masukan yang berharga khususnya bagi seluruh elemen Kota Bogor guna terus menekan angka pertumbuhan kasus baru HIV/AIDS di Kota Bogor.

“Pertama pemerintah harus lebih care lagi terkait dengan program penanganan dan pencegahan HIV/Aids di masing-masing Kota dan Kabupaten seluruhnya, care disini tidak hanya kebijakan tetapi juga anggaran kemudian program, sinkronisasi kerja antara Dinas Terkait dengan para penggiat dilapangan dan LSM HIV tersambung,” ujar Iwan, Rabu (01/12/2021).

Karena menurut politisi PKS ini, pada prinsipnya mereka para pekerja dilapangan itu memiliki kontribusi positif terkait dengan penanggulangan HIV/Aids sehingga support itu menjadi cukup penting.

Dari data yang dimilikinya, selain kasus temuan menurun tetapi belum diakumulasikan secara keseluruhan di seluruh Indonesia seperti apa, mungkin di akhir atau awal Januari 2022 akan keluar data terbarunya,jika di Kota Bogor kasusnya belum semua, tetapi tadi mengingat trennya menurun.

Selain itu, masalahnya adalah dipenanganan, bukan masalah hanya kasus baru yang trennya turun, bahwa masalah HIV/AIDS ini juga menyangkut perilaku, dan perilaku itu ada disekeliling masyarakat yang bisa jadi senantiasa muncul.

Oleh karena Iwan Suryawan menyatakan bahwa penanganannya harus komprehensif baik ditingkat lapangan, ditingkat pemeriksaannya, kemudian pengobatannya, treatment terkait dengan korban perilaku kedepannya, dan secepatnya keberadaan obat.

“Artinya Pemerintah harus melihat karena ini menjadi penting bagi kualitas hidup warga itu sendiri karena ini penting dan mensupport mereka agar terus bisa bertahan dan memberikan kualitas sehingga kehidupannya lebih baik,” pungkas Iwan Suryawan.