Besok Jokowi akan Kunjungi Korban Erupsi Semeru di Lumajang

Berita157 views

Inionline.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berencana mengunjungi korban erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur.

Jokowi dijadwalkan terbang ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi hendak meninjau lokasi bencana. Ia akan melihat dampak dari bencana alam pekan lalu.

“Besok ke Lumajang,” kata Heru kepada wartawan, Senin (6/12).

Heru tidak merinci kegiatan Jokowi di Lumajang besok. Dia akan membeberkan rangkaian kegiatan Jokowi setelah pesawat presiden bertolak dari Jakarta pada Selasa pagi.

Sebelumnya, Jokowi menaruh perhatian khusus pada erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ia telah memerintahkan tanggap bencana kepada seluruh anal buahnya.

Jokowi meminta menteri dan kepala daerah sigap mengevakuasi warga. Dia juga memerintahkan bawahannya memastikan bantuan logistik kebutuhan dasar, layanan kesehatan, dan perbaikan infrastruktur.

“Untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana,” ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan arahan Jokowi, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu (5/12).

Sebelumnya, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12). Sebanyak 15 orang meninggal dunia dalam bencana alam itu. Sementara itu, 27 orang masih dinyatakan hilang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan 2.970 rumah terdampak erupsi Semeru. Lebih dari 1.300 orang harus mengungsi.