Berikut Tips Menata Ruang Makan Sempit agar Nyaman dan Cantik

Inionline.id – Memiliki rumah dengan luas area terbatas memang membuatmu harus lebih cerdik dalam melakukan penataan. Misalnya saja saat melakukan penataan ruang makan. Jadi salah satu ruangan paling penting di rumah untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan, penataan ruang makan yang sempit memang harus mengandalkan trik tertentu supaya lebih nyaman dan cozy.

Bukan berarti harus mengorbankan kenyamanan saat memiliki ruang makan sempit. Beberapa tips penataan ini bisa membuat ruang makan sempit jadi lebih nyaman dan cantik.

Pemilihan Meja Makan

Pada umumnya meja makan memang berbentuk persegi yang biasa dijumpai di rumah-rumah lain. Tapi, khusus yang memiliki ruang makan dengan space terbatas, meja persegi is a big no karena akan membuat ruangan terlihat lebih penuh.

Pilih meja berbentuk bundar yang bisa memberikan kesan ruangan yang lebih lega dan fleksibel. Bisa juga mempertimbangkan meja makan rendah, misalnya untuk penataan ruang makan dengan konsep lesehan yang terasa lebih nyaman pada ruangan dengan space terbatas.

Kursi Minimalis untuk Melengkapi Ruang Makan

Jika memiliki ruang makan yang mungil di rumah, penggunaan kursi makan kayu dengan berbagai ukiran tentu saja bukan pilihan yang tepat. Keberadaan kursi ini malah bisa membuat ruangan terasa lebih sesak dan sempit.

Kursi minimalis bisa jadi pilihan yang tepat bagi yang ingin melakukan penataan agar ruang makan lebih nyaman. Misalnya saja kursi stool atau kursi makan tanpa pegangan bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mengurangi kesan ruang makan terlihat penuh. Namun, jika ingin sedikit bernuansa industrialis, kamu bisa memanfaatkan bangku-bangku kayu tanpa sandaran dan pegangan yang tentu akan lebih menghemat ruang.

Pilih Rak Sebagai Pengganti Lemari

Jika memiliki ruang makan dengan space yang sangat terbatas, pemilihan furnitur yang digunakan juga nggak boleh sembarangan. Misalnya saja, lemari makan memang penting, tapi kehadirannya malah bisa menghabiskan banyak tempat dan membuat ruang makan jadi penuh sesak.

Alternatif yang bisa digunakan adalah menggunakan rak yang menempel di dinding. Ini merupakan solusi yang tepat karena kamu tetap memiliki tempat penyimpanan tanpa menghabiskan banyak space ruangan karena letaknya yang menempel di dinding.

Maksimalkan dengan Furnitur Multifungsi

Jangan anggap remeh manfaat dari furnitur multifungsi, karena memang benar-benar bisa menjadi penolong bagi pemilik ruangan yang sempit. Sekarang segala hal yang simpel tapi memiliki fungsi ganda lagi banyak disukai karena bisa mendukung desain interior rumah minimalis.

Misalnya saja kamu bisa memilih meja makan yang memiliki space untuk tempat penyimpanan di dalamnya. Jadi, nggak perlu memikirkan beli lemari atau rak untuk menyimpan bahan makanan lagi karena ada laci di meja yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan.

Ternyata, ruangan sempit bukanlah masalah. Biarpun minim tempat, tapi jika mampu melakukan penataan yang tepat, pasti bisa memberikan kesan ruang makan yang nyaman dan menyenangkan. Mood untuk makan pun bangkit, kamu dan keluarga bisa menikmati momen spesial dari makan bersama.