90 KK Terisolir Akibat Jembatan di Bondowoso Putus Diterjang Arus Sungai

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Karena terkikis derasnya arus sungai yang meluap jembatan di Bondowoso putus. Akibatnya, sekitar 90 KK terisolir.

Tak ada korban jiwa maupun kerugian material dalam kejadian ini. Hanya saja, jembatan yang menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Klabang tersebut terputus total sekitar pukul 17.00 WIB.

Informasi yang dihimpun di lokasi, putusnya jembatan tersebut akibat tergerus derasnya arus sungai. Naiknya debit air sungai akibat hujan di wilayah tersebut turun sejak siang hari.

Aliran sungai deras dari bagian hulu tersebut lantas mengikis tanah yang menopang pondasi jembatan. Sehingga ujung jembatan 10 x 30 meter yang telah terkikis itu kemudian terputus.

Akibat putusnya jembatan tersebut, 90 KK di Dusun Cermee dan Labes, Desa Besuk, terisolir total. Karena akses satu-satunya warga itu terputus total.

“Ini sedang kami lakukan asesmen dan pendataan,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Bondowoso, Dadan Kurniawan, saat dikonfirmasi di lokasi kejadian, Sabtu (4/12/2021).

Menurutnya, selain melakukan asesmen pihaknya juga akan melakukan penangan serta mencari solusi alternatif warga yang terisolir, akibat putusnya jembatan tersebut.

“Ini saja masih hujan terus menerus. Mudah-mudahan saja di atas juga segera berhenti. Sehingga aliran dari hulu cepat surut,” pungkas Dadan.