58 Juta Dosis Vaksin Disiapkan Pemerintah untuk Anak 6-11 Tahun

Berita057 views

Inionline.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan pemerintah bakal menyediakan 58 juta dosis untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun. Total 26,7 juta anak usia 6-11 tahun menjadi sasaran vaksinasi.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan butuh sekitar 58 juta dosis untuk mencapai vaksinasi dua dosis anak usia 6-11 tahun. Saat ini vaksin Covid-19 yang tersedia sebanyak 6,4 juta dosis.

“Jadi kalau dua kali vaksinasi jadi 58 juta dosis, ditambah anak-anak yang usianya kemarin baru 11 tahun kemudian menginjak 12 tahun. Ini sudah kita antisipasi dan sudah kita siapkan,” kata Dante usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada anak, Selasa (14/12).

Dante memastikan kegiatan vaksinasi Covid-19 pada anak ini juga telah melalui rekomendasi Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Oleh sebab itu, ia berharap agar seluruh orang tua dapat menyegerakan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada anak-anaknya.

“Mudah-mudahan dengan vaksinasi ini maka anak-anak bisa lebih sehat, lebih terjamin dari infeksi Covid-19, ketika mereka melakukan proses belajar mengajar di sekolah secara langsung,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dante mengklaim pemerintah bakal terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi dalam beberapa bulan ke depan. Ia menargetkan herd population dapat segera terbentuk di masyarakat.

“Target kita bukan herd immunity lagi, tapi herd population. Sekarang untuk vaksinasi yang ditargetkan oleh Presiden yakni 70 persen hingga akhir tahun sudah tercapai dengan 70,4 persen,” ujarnya.

Sebelumnya, Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan vaksinasi Covid-19 pada anak bakal digelar secara bertahap di beberapa daerah.

Berdasarkan data Kemenkes, sebanyak 26,8 juta anak usia 6-11 tahun bakal diberikan vaksin Covid-19 secara bertahap. Sebanyak 8.851.681 anak usia 6-11 tahun menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 anak tahap pertama.

Pemerintah memberi sejumlah syarat bagi daerah sebelum melakukan vaksinasi tersebut, seperti vaksinasi sudah 70 persen dari target hingga 60 persen kelompok lansia. Setidaknya terdapat 115 kabupaten atau kota di beberapa provinsi yang sudah memenuhi kriteria ini.