Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Tetap Diperlukan, Meski Belum PTM

Pendidikan057 views

Inionline.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendorong vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat digencarkan. Hal itu guna keamanan dan kelancaran Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada anak di usia tersebut.

Namun, kalaupun anak usia tersebut belum diizinkan mengikuti PTM terbatas, menurut Muhadjir, vaksinasi mesti terus dilakukan. Sebab, anak pada usia tersebut, berada pada masa bermain yang tak bisa dibendung.

“Apalagi  tatkala tidak ada pembelajaran tatap muka anak-anak juga pada bermain di luar rumah. Kita realistis saja,  tidak mungkin anak-anak dikekang terus menerus diam di rumah,” tutur Muhadjir, Selasa, 16 November 2021.

Lebih lanjut, dia menjelaskan anak dengan usia 6-11 tahun itu sebagian ialah siswa jenjang PAUD hingga Sekolah Dasar. Ketika, anak dengan usia tersebut telah divaksin, maka proses PTM terbatas akan lebih aman bagi anak-anak.

Dengan begitu, kata dia orang tua tak perlu khawatir ketika melepas anaknya ke sekolah. Terlebih, pada daerah-daerah yang memiliki potensi lebih besar terkait penularan covid-19.

“Vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun perlu terutama di daerah-daerah yang rawan penularan dan penyebaran covid-19. Agar para orang tua tidak was-was ketika anaknya sudah mulai masuk sekolah,” terangnya dia.

Muhadjir menyerahkan sepenuhnya terkait teknis vaksinasi kepada Kementerian Kesehatan. Yang jelas, kata dia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyatakan vaksin Sinovac aman untuk diberikan kepada anak usia 6-11 tahun.

“Mengenai keamanan vaksin, BPOM juga sudah mengeluarkan izin vaksin Sinovac untuk usia 6 sampai 11 tahun. Jadi Insyaallah aman,” tutup Muhadjir.