Terkait Kecelakaan Vanessa Angel Polisi Memeriksa Pengelola Tol, Ini Hasilnya

Berita657 views

Inionline.id – Penyidik Satlantas Polres Jombang juga menggali keterangan dari pengelola Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo) terkait kecelakaan Vanessa Angel. Dalam pemeriksaan tersebut, pengelola tol menjelaskan alasan penghalang (barrier) jalan yang ditabrak korban berupa beton yang sangat kuat.

Kepala Departemen Layanan Lalu Lintas Astra Tol Jomo Zanuar Firmanto mengatakan dirinya diperiksa di kantor Satlantas Polres Jombang, Jalan Brigjen Kretarto pada Senin (8/11) sore. Menurut Zanuar, penyidik juga telah menggali keterangan dari dua petugas patroli tol yang terlibat evakuasi para korban.

“Saya datang jam tiga sore, hanya satu jam, menyampaikan data-data untuk penyelidikan. (Data apa saja?) Itu yang tidak boleh disebutkan oleh polisi, yang jelas data teknis,” kata Zanuar saat dikonfirmasi detikcom melalui telepon, Selasa (9/11/2021).

Selama satu jam di kantor Satlantas Polres Jombang, lanjut Zanuar, dirinya dimintai keterangan terkait alasan PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) membuat jalan Tol Jomo dengan konstruksi cor beton. Menurutnya, jalan cor beton lebih efisien dan kuat.

“Saya jawab beton ini tebalnya 27 cm, ini salah satu kemutakhiran ilmu teknik sipil dalam pengerasan jalan. Kekuatan beton yang hanya 20 cm itu sama dengan satu meter aspal. Sedangkan harga aspal selangit, biaya tol yang harus dibayar pengendara akan sangat mahal kalau pakai aspal. Jalan beton juga low maintenance. Memang ini efisien, kuat dan kekesatan jalan beton diakali dengan ada garukan biar kesat, itu sama dengan aspal,” terangnya.

Dalam pemeriksaan, kata Zanuar, penyidik juga menanyakan alasan pembatas jalan yang tertabrak mobil Vanessa Angel (27) dibuat menggunakan beton (barrier). Seperti diketahui bagian kiri mobil Pajero Sport nopol B 1264 BJU tersebut rusak berat lantaran menabrak barrier di sisi kiri jalan dengan kecepatan tinggi.

“Pembatas beton atau disebut barrier untuk lokasi yang risiko tinggi supaya kendaraan yang menabraknya bisa kembali ke jalur, tidak sampai melompat. Artinya, barrier untuk lokasi yang di bawahnya ada sungai atau lalu lintas. Di lokasi itu (TKP kecelakaan Vanessa) bawahnya kan ada jalan dan sungai,” jelasnya.

Artis Vanesza Adzania alias Vanessa Angel (27) dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi (31) tewas dalam kecelakaan tunggal di KM 672+400A Astra Tol Jomo pada Kamis (4/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Mobil Pajero Sport nopol B 1264 BJU yang mereka tumpangi menabrak barier di sisi kiri jalan.

Di bawah lokasi kecelakaan terdapat terowongan atau underpass masuk Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. Terowongan tersebut berupa jalan penghubung antara Desa Pagerwojo, Kecamatan Perak dengan Desa Brodot, Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Sebelah jalan adalah sungai yang lebarnya sekitar 3 meter.

Mobil sport warna putih itu dikemudikan Tubagus Joddy (24), warga Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. Vanesa Angel dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya mengajak anaknya, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat.

Gala selamat dengan luka di mata kiri dan lecet di dahi kanan. Joddy hanya mengeluh nyeri pada pinggul. Sedangkan Siska menderita luka pada tangan, serta dua jari dan dua giginya patah.