Strategi Pentaheliks Terhadap Sungai Citarum Ridwan Kamil Tuai Pujian di KTT COP26, Dewan Jabar H. Supono Tekankan Kolaborasi Para Stakeholder

Berita057 views

Glasgow, Inionline.id – Para panelis luar negeri di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26 – UNFCCC memuji upaya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam memulihkan kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Apresiasi ini muncul saat Ridwan Kamil memaparkan kemajuan penanganan Sungai Citarum dan upaya penanganan sampah di Jabar. Bertempat di Paviliun Indonesia, dilangsungkan “Panel Dialogue: Scaling Up Governance and Collaborative Actions In Combinating Marine Plastic Litter Towards Climate Actions In Indonesia” yang merupakan rangkaian dari COP26.

Member of Management Comittee KfW Development Bank Stephan Opitz memandang paparan Ridwan Kamil menunjukkan sosok kepemimpinan yang tepat mampu menanggulangi kerusakan lingkungan seperti yang terjadi di DAS Citarum.

Menanggapi kabar tersebut, anggota Komisi IV DPRD Jawa barat H. Supono yang juga kerap memantau serta turun langsung ke sungai Citarum mengatakan presentasi yang disampaikan Ridwan Kamil sampaikan pada acara tersebut adalah bagian dari personifikasi dalam menampilkan performace Jawa barat di mata internasional guna mendapat nilai excellent.

“Saya rasa itu perlu untuk memberikan image yang positif tetapi juga jangan melupakan kondisi riil yang ada, walaupun faktanya tidak seindah yang Gubernur paparkan,” kata H. Supono, Jum’at (05/11/2021).

Politisi PAN ini pun mengingatkan Ridwan Kamil agar kedepannya lebih serius dalam membenahi Citarum.

“Tidak lupa sinergi dengan seluruh stakeholder yang ada terkait dengan sungai Citarum itu yang lebih penting,” pungkas H. Supono, Jum’at (05/11/2021).