Seringnya Kebakaran Pabrik Cokelat di Bandung, Diduga Adanya Human Error

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Masih menyisakan tanda tanya kebakaran pabrik pengolahan cokelat di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Petugas menduga adanya faktor human error dalam kebakaran di PT Papandayan Cocoa Industries (PCI) tersebut.

Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Disdamkar Kabupaten Bandung Ating Rochyadi menuturkan beberapa tahun terakhir sudah enam kali kebakaran di pabrik yang sama.

“Informasinya ya katanya 6 kali dengan sekarang, saya menjabat baru dua tahun, saya tahu baru dua kali, mungkin saja sebelumnya ada,” ungkap Ating kepada detikcom di lokasi kejadian, Senin (8/11/2021).

Saat ini, kata Ating, penyebab kebakaran belum dapat disimpulkan. Sementara itu, ia menduga adanya human error yang menyebabkan kebakaran tersebut terjadi. Diketahui, api bermula dari gedung yang berisikan panel listrik.

“Mungkin saja tapi sulit diprediksi, tapi kalau sudah berkali-kali artinya bisa saja human error,” ucapnya.

Sekadar diketahui, api bermula dari ruangan panel listrik milik PT Papandayan Cocoa Industries (PCI) pada pukul 15.30 WIB. Delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.

Dalam waktu lima jam, sekira pukul 21.00 WIB, kebakaran pabrik pengelola coklat tersebut akhirnya padam. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Sebanyak 30 petugas dan delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.

“Sekarang sudah mulai pendinginan apinya sudah mulai padam. Tapi kami tetap waspada dan ada beberapa unit yang disiagakan di sini,” pungkasnya.