Saat Momen Libur Nataru Nanti, Satgas Wanti-wanti Kenaikan Kasus COVID-19

Berita157 views

Inionline.id – Libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) menjadi prioritas khusus pemerintah pusat hingga daerah. Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut, ujian Indonesia menghadapi pandemi ada di momen libur Nataru.

“Terutama untuk Nataru, kita harus serius untuk itu, ujian kita tinggal satu ini. Kalau kita bisa lolos dari Nataru sampai dengan akhir bulan Januari, berarti kita sudah berhasil sebagai bangsa untuk mengendalikan,” kata Prof Wiku saat di Surabaya, Selasa (16/11/2021).

Dia menyebut, penanganan COVID-19 di Indonesia menjadi yang terbaik di dunia. Dan momen Nataru merupakan ujian terberat untuk pemerintah Indonesia dalam penanganan COVID-19.

“Kita sekarang jadi yang terbaik di dunia, harus kita jaga terus melewati Nataru. Intinya pengendalian, tidak bisa tanpa pengendalian. Semua kebijakan harus berlapis, mobilitas pelaku perjalanan dalam negeri, internasional, PPKM Mikro harus semua ada, satgas prokes di fasilitas publik harus ada,” tegasnya.

Wiku menambahkan, dalam momen libur Nataru, seluruh tempat fasilitas publik harus dipantau ketat. Khususnya dalam penegakan protokol kesehatan.

“Nataru, tempat publik, baik itu tempat wisata, mal harus ada satgas, dan aplikasi peduli lindungi diterapkan. Ini untuk memantau kedisiplinan masyarakat. Prinsipnya semua mengendalikan kasus, mobilitas penduduk sudah mulai meningkat dan peningkatan kasus di beberapa daerah ini harus segera kita rem,” tandasnya.