by

Saat Gerhana Bulan Sebagian Waspadai Banjir Rob hingga Genangan di Pesisir

Inionline.id – Nanti malam gerhana bulan sebagian muncul, Jumat 19 November 2021 berpotensi terjadi banjir rob. Sehingga daerah pesisir pantai dan pelabuhan berpotensi terdampak genangan air hingga setinggi 30 cm.

Banjir ini diakibatkan terjadinya pasang air laut yang lebih tinggi dari ketinggian daratan. Banjir rob juga dikenal sebagai banjir genangan.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Surtarno mengatakan, banjir rob disebabkan kenaikan air laut, hingga air yang pasang menggenangi daratan.

Pada gerhana bulan sebagian hari ini, air laut pasang maksimum saat fase bulan purnama (spring tide). Bertepatan dengan gerhana bulan sebagian yang mempengaruhi kondisi pasang air laut di bulan November.

Hal ini berpotensi menyebabkan banjir rob di area pesisir dengan ketinggian 130-140 cm dari rata-rata permukaan air laut (DPL).

“Peringatan banjir rob ada. Tinggi maksimum terjadi malam hari jam 22.00-24.00 WIB,” kata Sutarno saat dihubungi detikcom, Jumat (19/11/2021).

Dampak yang terjadi munculnya genangan air setinggi 10-30 cm di daratan yang bisa mengganggu transportasi di pelabuhan dan pesisir. Seperti aktivitas petani garam dan serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.