Penumpang Bidik Bus TMB Setelah Sepekan DAMRI Setop Operasi

Berita057 views

Inionline.id – Sepekan sudah delapan rute Bus Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia (DAMRI) berhenti beroperasi di Kota Bandung. Dishub Kota Bandung mengklaim setopnya DAMRI itu tidak berdampak penumpukan penumpang karena pihaknya telah mengoperasikan bus Trans Metro Bandung (TMB).

Kepala BULD Angkutan Dishub Kota Bandung Yudiana mengatakan para penumpang yang terbiasa naik DAMRI beralih membidik bus TMB untuk menunjang aktivitas. “Lonjakan penumpang berarti bukan penumpang yang bertambah. Tapi ada beberapa penumpang yang biasa gunakan DAMRI jadi naik TMB,” kata Yudiana di Balai Kota Bandung, Selasa (2/11/2021).

“Sejauh ini tidak ada ledakan dan penumpukan signifikan. Artinya masih teratasi, tidak sampai 100 persen di jam sibuk, ada sisa kapasitas,” ucap dia menambahkan.

Sekadar informasi, saat ini ada lima koridor TMB yang beroperasi di Kota Bandung antara lain Cibiru-Cibereum, Cicaheum-Cibereum, Cicaheum-Sarijadi, Antapani-Leuwipanjang dan Antapani-ST Hall. “Koridor yang bersentuhan dengan rute DAMRI koridor 1, 2, 3, 4,” ujarnya.

Ada enam unit TMB yang diterjunkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di empat koridor tersebut. Enam unit TMB ini di luar 40 unit TMB yang beroperasi di lima koridor.

“Sejauh ini ada enam unit TMB,” ucapnya.

Apakah TMB ini bakal mengisi rute yang ditinggalkan DAMRI, Yudiana mengatakan hal itu bisa saja dilakukan. Namun tidak semudah begitu saja karena mengingat faktor anggaran.

“Bisa jadi, namun harus ada Perwal dan anggarannya,” ujar Yudiana.