Pembangunan Jalan Akses Desa Program Samisade di Desa Pingku Diresmikan

Antar Daerah357 views

PARUNGPANJANG, Inionline.id – Kepala Desa Pingku Mad Nawin bersama Camat Parungpanjang Icang Aliyudin meresmikan pembangunan jalan desa di Kampung Gunung Picung RT 002/003 Desa Pingku Kecamatan Parungpanjang, program satu milyar satu desa (Samisade) tahap dua, Senin 22/11/2021.

Pembangunan infrastruktur akses desa sepanjanjan 790 meter Pingku dengan desa Gorowong diharapkan meningkatkan perekonomian, terutama dalam distribusi hasil pertanian hingga akses kesehatan dan pendidikan.

Kepala Desa Pingku Nawin mengatakan, dirinya mengucapkan trimakasi kepada Bupati Bogor Ade Yasin, terealisasinya pembangunan jalan sepanjang 790 meter ini merupakan akses antar desa yang bersumber dari program Samisade.

Menurutnya, jalan yang tadinya sulit dilalui kendaraan saat musim hujan, setelah di bangun dengan betonisasi, akan mempermudah akses pendidikan, kesehatan dan meningkatkan perekinomian masyarakat.

“Keinginan warga membangun jalan ini sejak tahun 2003 lalu, namun ketidak adanya anggaran. Tapi dengan adanya program Samisade bisa membangun jalan dan kami pemerintah desa bisa melaksanakan perbaikan jalan penghubung desa,” paparnya.

Sementara itu Camat Parungpanjang Icang Aliyudin mengatakan, mengapresiasi pemerintah Desa Pingku terutama kepada Desa yang telah melakan pembangunan jalan tahap satu dan tahap dua program Samisade secara transparan dan hasilnya juga bagus.

“Saya kira, program Samisade untuk pembangunan jalan ini sudah tepat, jalan ini adalah akses alternatif warga. Bahkan, dulu itu jalan ini tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, bahkan sepeda motor juga hannya bisa melintas saat kemarau,” terangnya.

Icang menambahkan, program samisade merupakan program sangat luarbiasa, sehingga desa Pingku dan desa Gorowong bisa disambungkan dan sangat bermanfaat untuk kesejahtraan masyarakat serta meningkat silaturahmi.

“Setelah di bangun jalan ini, yang tadinya harus memutar dengan jarak lima kilo meter, sekarang masyarakat desa Pingku cukup menempuh satu kilo meter menuju ke desa Gorowong. Bahkan akses masuk di gorowong juga sudah di bangun dari anggaran DD dan Samisade,” pungkasnya. (Mul)