Mendagri Akan Keluarkan Aturan Libur Nataru untuk Mencegah Lonjakan Covid

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Melalui Johnny Plate Menteri Komunikasi dan Informatika Pemerintah menyampaikan terima kasih terhadap kolaborasi dan gotong royong masyarakat membantu penanganan pandemi Covid-19.

Johnny menyebut, hingga saat ini, Indonesia dinilai cukup berhasil mengendalikan Covid-19.

“Keberhasilan ini harus kita pertahankan karena pengendalian Covid-19 ini akan menentukan keberhasilan kita di sektor lain. Termasuk di sektor pemulihan ekonomi,” ujar Johnny.

Di tengah keberhasilan tersebut, Johnny mengingatkan agar masyarakat tidak terbuai euforia, terutama saat liburan Natal dan Tahun Baru. Menurutnya, kondisi di berbagai negara yang kembali mengalami lonjakan kasus harus jadi pelajaran bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, sebagai upaya mencegah terjadinya lonjakan kasus, pemerintah menyiapkan sejumlah aturan.

“Dalam situasi yang amat baik ini tapi mengapa diatur, agar tidak berpotensi untuk gelombang ketiga. Keberhasilan itu amat ditentukan kesadaran masyarakat,” katanya.

Johnny kembali menegaskan, tujuan aturan bukan melarang perayaan Natal dan Tahun Baru, tetapi untuk mengendalikan Covid-19 saat Natal dan Tahun Baru. Masyarakat tetap boleh beribadah dan melakukan kegiatan Tahun Baru, asal mengikuti ketentuan. Aturan yang lebih detail akan diterbitkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri mendatang.

Dia menambahkan, hal ini harus diungkapkan jauh hari untuk membangun kesadaran masyarakat agar tak terlena euforia, serta tidak membuka ruang baru klaster penularan. Johnny berharap, dengan penyampaian yang lebih awal, masyarakat dapat mulai bersiap-siap menyambut Natal dan Tahun Baru secara tertib.