Masuk 5 Besar Dunia, Jokowi Pamer RI Suntikkan Lebih 200 Juta Dosis Vaksin

Nasional057 views

Inionline.id – Usai kunker dari luar negeri Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa masyarakat Indonesia di tengah masa karantina yang dijalani. Jokowi membanggakan capaian vaksinasi di Indonesia.

“Selamat pagi. Hari ini, masa karantina tiga hari seusai perjalanan ke luar negeri saya berakhir. Apa kabar saudara-saudaraku di seluruh Tanah Air? Semoga senantiasa sehat dan bersemangat menjalankan protokol kesehatan,” tulis Jokowi di akun Instagram @jokowi seperti dilihat, Senin (8/1/2021).

Jokowi mengatakan capaian vaksinasi itu diraih pada pekan kemarin. Kini sudah ada sekitar 40 persen warga yang sudah divaksin lengkap.

“Oh ya, pada pekan kemarin, Indonesia mencapai babak baru dalam kerja besar vaksinasi massal Covid-19, yakni dengan telah menyuntikkan lebih dari 200 juta dosis vaksin kepada masyarakat. Jumlah ini telah mencapai sekitar 40 persen dari sasaran vaksinasi nasional untuk kategori lengkap dan 60 persen untuk dosis pertama,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan Indonesia kini berada di 5 besar dengan capaian vaksinasi tertinggi. Selain itu, kata Jokowi, capaian vaksinasi Indonesia ini juga membantu vaksinasi global.

“Capaian tersebut membawa Indonesia ke dalam lima negara dengan jumlah suntikan vaksinasi tertinggi bersama India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang, sekaligus berkontribusi dalam memvaksinasi hampir setengah penduduk dunia. Terima kasih atas peran Anda semua dalam upaya panjang untuk bersama-sama menghentikan laju pandemi ini,” ujar Jokowi.