by

Lewat Ruang Digital Menkominfo Ajak Masyarakat Menjadi Pejuang Era Baru

Inionline.id РMemperingati Hari Pahlawan, Johnny G. Plate Menteri Komunikasi dan Informatika  mengajak masyarakat untuk menyongsong transformasi digital. Menurutnya, semangat pahlawan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan perlu diterjemahkan dalam spirit adaptif dan resiliensi.

Johnny juga menyampaikan semangat Bung Tomo dan pahlawan lain juga diperlukan dalam menjaga ruang digital Indonesia aman, inklusif dan produktif. Ia mengatakan setiap orang dapat menjadi pejuang di era digital dengan menjadikan ruang digital sebagai tempat berbagi ide progresif.

“Mari kita menjadi pejuang-pejuang di era baru, memastikan ruang digital yang aman, yang inklusif dan yang produktif. Mari jadikan ruang digital kita sebagai melting pot bagi ide-ide progresif yang merawat Kebhinekaan serta kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (11/11/2021).

Dalam Upacara Peringatan ke-76 Hari Pahlawan, Rabu (10/11), Johnny menjelaskan hari pahlawan menjadi momentum reflektif bagi masyarakat untuk membangkitkan spirit nasionalisme layaknya perjuangan pahlawan terdahulu.

“Hari ini, 76 tahun yang lalu. Salah satu pertempuran terhebat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, terjadi di Surabaya. Dengan pekikan semangatnya, Bung Tomo mengajak para pejuang untuk tidak menyerah dan terus mengobarkan perlawanan terhadap serdadu pasukan kolonial dan sekutu saat itu,” katanya.

Menurut Jhonny, semangat para pejuang pahlawan perlu dijaga menjadi spirit berbangsa dan bernegara. Terlebih Bung Tomo mempunyai semangat yang kuat dalam mengajak seluruh elemen bangsa menyerukan kemerdekaan.

“Mengutip pernyataan Bung Tomo, kita tunjukkan bahwa kita benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka. Merdeka atau mati!,” ungkapnya.

Johnny menyatakan keberhasilan pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia bukan titik henti perjuangan. Menurutnya, pahlawan pada hakikatnya merupakan orang yang rela berkorban sepenuh hati untuk mewujudkan cita-cita bersama yang lebih besar.

Saat ini, kata Jhonny, masyarakat bisa menjadi pahlawan baru salah satunya melalui komitmen bersama menghadapi pandemi COVID-19.

“Pada saat ini spirit, semangat, rejuvenasi melahirkan model kepahlawanan yang baru, kepahlawanan di era di masa pandemi dan kepahlawanan di era di masa kebangkitan digital,” ujarnya.

“Mari kita resapi untuk bersama-sama membawa negeri kita ini keluar dari lorong gelap pandemi COVID-19. Seperti yang dikatakan oleh Presiden Bapak Joko Widodo, pandemi COVID-19 ibarat kawah candradimuka yang menguji, mengajarkan, sekaligus mengasah kebersamaan kita sebagai bangsa dan sebagai kesatuan negara,” imbuhnya.

Johnny menjelaskan saat ini upaya untuk bangkit lebih tangguh dan kuat menjadi satu-satunya pilihan bagi seluruh elemen dalam menghadapi pandemi.

“Kita bersama berterima kasih kepada seluruh elemen bangsa kita sendiri, termasuk segenap komponen masyarakat yang telah menunjukkan komitmen dan kerjasamanya, sehingga sejauh ini kita mampu menangani pandemi COVID-19 dengan baik,” tuturnya.

Di kesempatan itu, Jhonny juga mengingatkan terkait kondisi pandemi COVID-19 yang belum berakhir. Oleh karena itu, masyarakat dapat menunjukkan bentuk perjuangan dan spirit kepahlawanan melalui disiplin protokol kesehatan dan menggalakkan program vaksinasi COVID-19.

“Secara khusus, tetap menjaga kedisiplinan protokol kesehatan menjelang momen libur Natal dan tahun baru 2022,” katanya.

Johnny mengatakan pandemi COVID-19 menuntut implementasi nilai kepahlawanan yang konsisten pada setiap elemen bangsa. Menurutnya, hal itu bisa dimulai dengan meningkatkan pemahaman dan pengorbanan seluruh elemen bangsa untuk terus menjaga diri dan keluarga dari aktivitas yang rawan terhadap penularan virus COVID-19.

Dengan semangat yang sama, ia pun berharap ke depannya akan tumbuh generasi yang bisa mewujudkan Indonesia Maju.

“Selamat Hari Pahlawan, semoga kita bisa terus menjaga asah perjuangan dalam diri kita, dalam membangkitkan semangat kepahlawanan generasi bangsa untuk terus tumbuh di era digital demi mewujudkan Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” tutupnya.

Sebagai informasi, upacara Peringatan Hari Pahlawan di lingkungan Kementerian Kominfo berlangsung secara hibrida. Acara itu diikuti oleh pejabat pimpinan madya dan pratama secara langsung di halaman Kementerian Kominfo. Sementara, sivitas Kementerian Kominfo mengikuti secara daring.