by

Komisi V DPR Memberikan Beberpa pesan Agar Kecelakaan di Tol Tak Terulang

Inionline.id – Ketua Komisi V DPR Lasarus memberikan beberapa pesan kepada para pengendara terkait adanya kecelakaan tunggal terjadi di Tol Jombang KM 672-400A hingga menewaskan Vanessa Angel dan suami.

Lasarus meminta para pengendara untuk selalu siap dalam melakukan perjalanan jauh. Baik kesiapan mobil hingga sopir.

“Pertama tentu kepada semua yang akan melakukan perjalanan via mobil dengan jarak tempuh yang jauh haris dipastikan mobil yang akan digunakan dalam kondisi siap dan sopir yang membawa dalam keadaan sehat dengan dipastikan sebelum membawa mobil beristirahat yang cukup sehingga tidak mudah ngantuk saat membawa kendaraan,” kata Lasarus, kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

Lasarus menilai kesiapan sopir penting untuk dipastikan. Terlebih di jalur tol yang panjang.

“Selanjutnya terkait jalan tol yg mulus bisa membuat ngantuk itu relatif ya, sopir prinsip harus siap,” ujarnya.

Lebih lanjut, Lasarus meminta operator jalan tol untuk menginvestigasi kejadian ini. Sehingga menurutnya tidak lagi kejadian serupa.

“Untuk operator jalan tol kalau memang benar kejadian serupa sering terjadi ya perlu dilakukan investigasi mendalam untuk memastikan apa penyebab utamanya, dan perlu dicari jalan keluarnya agar kejadian serupa bisa diatasi,” tuturnya.

Sebelumnya, mobil yang ditumpangi Vanessa Angel ini diisi lima penumpang. Vanessa Angel dan suaminya meninggal dunia di lokasi kejadian.

Tiga orang lainnya mengalami luka-luka, yakni anak Vanessa, Gala Sky Ardiansyah menderita luka ringan, lalu baby sitter Gala, Siska Lorensa mengalami luka berat dan sopir, Tubagus Joddy mengalami luka ringan.