Kapan Saat yang Tepat Untuk Mulai Investasi?

Ekonomi157 views

Inionline.id – Tahukah anda, bahwa uang yang ditabung di bank sama sekali tidak akan berkembang, bahkan akan tergerus oleh inflasi seiring berjalannya waktu. Otomatis tabungan tersebut akan berkurang nilainya karena inflasi sehingga anda tidak akan memperoleh keuntungan sama sekali. Oleh karena itu, cara jitu menabung ditambah adanya profit adalah dengan berinvestasi.

Apa Itu Investasi?

Investasi adalah suatu kegiatan untuk menanamkan modal pada hal apapun, seperti jasa, properti, teknologi, manufaktur, ataupun investasi finansial. Dalam kegiatan tersebut, seseorang yang berinvestasi akan berharap untuk mendapatkan keuntungan atau profit dari hasil penanaman modal tersebut. Yang mana keuntungan tersebut bisa diperoleh di masa yang akan datang.

Sederhananya, investasi biasanya dilakukan untuk mengembangkan nilai dari suatu aset atau keuangan untuk dinikmati keuntungannya di kemudian hari. Karena beberapa aset tertentu atau bahkan uang, nilainya bisa bertambah di masa yang akan datang. Dan keuntungan tersebutlah yang menjadi daya tarik dari investasi.

Jenis-Jenis Investasi

Umumnya, jenis investasi dibagi menjadi dua berdasarkan lama waktunya, yaitu investasi jangka panjang dan jangka pendek. Jika anda berinvestasi jangka panjang, maka anda akan mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu setidaknya satu tahun, atau bahkan sampai tiga tahun kedepan. Sedangkan jika anda berinvestasi jangka pendek, anda akan mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu yang lebih lama, bahkan di atas tiga tahun.

Maka dari itu, investasi jangka pendek menghasilkan keuntungan yang tidak terlalu besar jika anda hanya berinvestasi dalam kurun waktu yang sebentar. Biasanya, investasi jangka panjang akan lebih cepat menghasilkan keuntungan, dan nilainya lebih besar. Namun, dari masing-masing jenis investasi tersebut memiliki tingkat risiko yang berbeda.

Manfaat Investasi

Di Indonesia, masih banyak masyarakat yang masih mengandalkan tabungan biasa untuk menyimpan dana. Tanpa mereka sadari, dana tersebut akan berkurang nilainya seiring berjalannya waktu. Maka, jika anda ingin menaikkan nilai dari sebuah dana yang tanpa disadari menjadi passive income, mulailah untuk berinvestasi, karena kenyataannya banyak sekali manfaat dari berinvestasi.

  • Melindungi Nilai Uang atau Aset dari Inflasi

Inflasi akan terus terjadi seiring berjalannya waktu, nilai dari suatu barang pun akan semakin berkurang. Namun dengan berinvestasi, aset atau dana yang anda miliki akan bertambah nilainya, bahkan bisa mengimbangi inflasi yang terjadi. Oleh karena itu, dengan berinvestasi, anda tidak akan merugi.

  • Bebas Secara Finansial

Nyatanya, manfaat ini merupakan daya tarik dari kegiatan berinvestasi. Terlebih lagi bagi kalangan anak muda saat ini, banyak yang sudah mulai paham dan mencoba untuk berinvestasi karena manfaat yang akan diperoleh yaitu kebebasan finansial. Dengan berinvestasi, berarti anda sudah bisa mendapatkan passive income yang dapat digunakan untuk kebutuhan jangka panjang sekalipun dana darurat di kemudian hari.

  • Memenuhi Kebutuhan Darurat

Dana darurat yang bisa saja dibutuhkan kapanpun harus dipersiapkan juga. Anda bisa mempersiapkan dan menghasilkan dana tersebut melalui investasi. Karena nyatanya, dana darurat yang biasanya berjumlah besar dan bisa terjadi kapan saja. Maka dengan menabung berupa penanaman modal akan menjadi passive income atau penghasilan tambahan dan sewaktu-waktu dapat digunakan untuk dana darurat.

  • Menambahkan Kekayaan

Hasil dari investasi yaitu berupa keuntungan atau profit. Manfaat inilah yang menjadi daya tarik dari berinvestasi. Karena dengan berinvestasi, maka sama dengan menambahkan nilai dari sebuah uang atau aset sehingga sama seperti menambah kekayaan.

Panduan Untuk Berinvestasi

Jika anda merupakan pemain baru dalam dunia investasi, maka ada beberapa panduan yang perlu anda ketahui dan pahami. Hal ini tentunya harus dipahami sebelum anda memulainya. Simak penjelasan berikut.

  • Tentukan Tujuan

Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan memahaminya terlebih dahulu. Karena dari tujuan tersebut akan menggiring anda kepada investasi jenis apa yang dibutuhkan. Anda bisa mempertimbangkan jenis investasi serta jangka dari investasi tersebut.

  • Menentukan Banyaknya Modal

Modal juga sangat mempengaruhi jenis investasi yang bisa anda ambil. Misalnya anda memiliki modal sebanyak Rp10 juta, maka anda bisa berinvestasi berupa saham. Selain itu, jika anda memiliki modal Rp100.000, anda bisa berinvestasi jenis reksadana yang cenderung tidak membutuhkan modal yang besar.

  • Pahami Risiko

Keuntungan atau risiko merupakan hal yang beriringan. Masing-masing jenis investasi memiliki risiko tersendiri. Hal inilah yang penting untuk anda pahami sebelum mulai berinvestasi.

Kapan Saat yang Tepat Untuk Mulai Investasi?

Sama halnya seperti menabung, namun investasi merupakan penanaman modal dan modal tersebut dapat digandakan. Keuntungan tersebut bisa anda gunakan sebagai dana darurat atau yang lainnya. Namun, kapan waktu yang tepat untuk mulai investasi? Simak penjelasan berikut.

Terdapat efek compounding dalam dunia investasi, yang artinya adalah bunga berbunga. Artinya adalah, keuntungan yang didapatkan akan semakin besar jika anda memulai investasi dengan cepat. Lebih jelasnya, bunga yang akan didapatkan jika anda berinvestasi hari ini akan berbeda jika anda berinvestasi tahun depan.

Adapun menurut Yudha, selaku Co-Founder InvestBro.id, mengatakan, “Memulai lebih awal (investasi) artinya uang anda akan menghasilkan bunga lebih lama, dan mendapatkan keuntungan dari keuntungan pasar, serta anda akan memiliki lebih banyak uang untuk diinvestasikan.”

“Karena pada kenyataannya, berinvestasi adalah sesuatu yang kerap dilupakan oleh sebagian besar masyarakat saat muda kemudian disesali saat tua. Cepat atau lambat, investasi pasti membuahkan hasil. Oleh karena itu, cobalah sedini mungkin.” Lanjut Yudha.

Jadi, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mulai investasi? Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas serta kutipan dari Yudha Situmorang selaku Co-Founder InvestBro, anda bisa memulai investasi sedini mungkin, saat anda masih muda. Karena semakin cepat anda berinvestasi, maka semakin cepat juga anda mendapatkan keuntungan yang bisa digunakan di masa yang akan datang.