Joe Biden Kutuk Keras Percobaan Pembunuhan PM Irak

Internasional057 views

Inionline.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengutuk serangan yang menargetkan Perdana Menteri (PM) Irak Mustafa al-Kadhemi. Joe Biden mengatakan pemerintahannya akan membantu pasukan keamanan Irak mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab.

“Saya mengutuk keras serangan teroris yang menargetkan kediaman Perdana Menteri Irak al-Kadhemi,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Senin (8/11/2021).

“Saya lega Perdana Menteri tidak terluka dan memuji kepemimpinan yang telah ditunjukkannya dalam menyerukan ketenangan, pengekangan, dan dialog untuk melindungi lembaga-lembaga negara dan memperkuat demokrasi yang sangat layak bagi rakyat Irak,” ujarnya.

Kadhemi lolos tanpa cedera ketika sebuah pesawat tak berawak atau droen berisi bahan peledak menghantam kediamannya di Baghdad, Minggu (7/11) pagi. Namun serangan itu menandai eskalasi substansial dalam kekacauan pasca-pemilu di negara itu.

Kantor perdana menteri menggambarkan serangan itu sebagai ‘upaya pembunuhan yang gagal,’ sementara Presiden Irak Barham Salih menyebut serangan itu, yang tidak segera diklaim oleh kelompok mana pun, sebagai upaya ‘kudeta terhadap sistem konstitusional’.

Biden mengatakan bahwa para pelaku serangan teroris terhadap negara Irak ini harus bertanggung jawab, ia mengutuk “dengan keras mereka yang menggunakan kekerasan untuk merusak proses demokrasi Irak.

Pemimpin AS itu menginstruksikan tim keamanan nasionalnya untuk menawarkan semua bantuan yang sesuai kepada pasukan keamanan Irak saat mereka menyelidiki serangan ini dan mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab.