Jempolan Rawat Hutan, Erick Thohir Klaim RI Diakui Dunia

Ekonomi257 views

Inionline.id – Erick Thohir Menteri BUMN mengklaim Indonesia masih diakui sebagai negara terbaik yang merawat kawasan hutan-nya. Buktinya, Indonesia hingga saat ini masih menjadi salah satu paru-paru dunia.

“Alhamdulillah, kita masih diakui di dunia merupakan negara terbaik yang merawat hutannya. Jadi kalau negara-negara lain bicara mengenai lingkungan hidup, Indonesia salah satu paru-paru dunia,” kata Erick dalam Penanaman Pohon BUMN, Minggu (28/11).

Ia pun turut membanggakan sikap dan tindakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang turun langsung menanam pohon mangrove untuk menjaga lingkungan. Selain itu, pemerintah juga berencana membangun 30 nursery atau tempat penyemaian tanaman muda di Tanah Air.

Dalam membantu upaya presiden, ke depan Erick menargetkan pihaknya akan menanam 111 ribu pohon.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir perwakilan daerah yang ikut serta bekerja sama dengan beberapa perusahaan pelat merah untuk menanam pohon.

Provinsi Lampung bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Riau dengan PT Perkebunan Nusantara V, hingga Banten dengan PT Perkebunan Nusantara VIII.

Selain itu, Erick menekankan agar program corporate social responsibility (CSR) Kementerian BUMN juga dapat mendukung upaya percepatan penanaman pohon. Harapan ini diutarakan, mengingat CSR BUMN kini difokuskan ke tiga sektor.

“Saya harapkan juga bagaimana CSR BUMN yang sekarang kita ubah total strateginya, yaitu satu untuk pendidikan, kedua untuk lingkungan hidup, dan ketiga untuk UMKM,” imbuhnya.

CSR BUMN diharapkan dapat menjadi gelombang besar percepatan penghijauan bagi lingkungan hidup.

Kemudian, ia berharap kegiatan tersebut juga dapat membuka semangat generasi muda untuk menjaga lingkungan hidup.

“Ini komitmen kita bersama, saya terima kasih ke daerah, sinergi kita akan dijaga, dan hasil yang terbaik untuk kita semua,” tutupnya.