Ini Kata Kemenkes RI Perihal Vaksin COVID Efektif Hadapi Varian Omicron

Berita157 views

Inionline.id – Menjadi perhatian dunia varian baru virus Corona Omicron, yang pertama kali dilaporkan di Afrika Selatan. Apakah vaksin yang ada saat ini efektif untuk menghadapi varian B.1.1.529 tersebut.

“(Vaksin) yang ada masih efektif walau diduga ada penurunan efikasi. Data pasti sedang diteliti lebih lanjut,” ucap Jubir Vaksin Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, saat dihubungi, Minggu (28/11/2021).

Meski efikasi menurun, tapi tetap vaksin yang disuntikkan masih bisa menciptakan imunitas terhadap varian Omicron. Tapi, hal penting selain vaksin, adalah kekebalan komunal.

“Jadi hanya turun efikasi, tapi berarti proteksinya masih ada. Dan yang penting juga adalah kekebalan bersama. Ada benteng bersama yang dibentuk untuk tidak ada celah buat virus berkembang,” kata Siti Nadia.

Menurut Siti Nadia, vaksin yang ada saat ini masih efektif untuk semua varian COVID-19. “Masih ada penurunan, tapi masih ada efek sampingnya,” katanya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menamakan varian baru virus Corona yang ditemukan di Afrika Selatan sebagai Omicron. Varian ini kini juga berada dalam daftar perhatian WHO.

Virus Corona jenis baru ini sebelumnya bernama B.1.1.529. Menurut WHO, kasus positif akibat varian ini meningkat di hampir semua provinsi di Afrika Selatan.

“Varian ini memiliki sejumlah besar mutasi, beberapa di antaranya mengkhawatirkan,” begitu pernyataan resmi WHO.

Varian Omicron pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November lalu. Virus ini diidentifikasi telah menyebar di Botswana, Belgia, Hong Kong, dan Israel.