Dapat Bhumdala Inovasi Terbaik, Dewan Jabar H. Supono Minta Pemprov Tetap Buat Agenda Kongkrit Untuk Citarum

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Pemda Provinsi Daerah Provinsi Jawa Barat kembali menorehkan prestasi melalui Bhumandala Award yang diselenggarakan Badan Informasi Geospasial (BIG) di Grand Mercure Hotel Jakarta, Jumat (29/10/2021).

Adalah Command Center Satgas Citarum menggaet penghargaan sebagai Bhumandala Inovasi Terbaik.

Hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Prima Mayaningtias dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Setiaji menerima penghargaan bergengsi tersebut.

“Alhamdulillah inovasi terbaik untuk Command Center Satgas DAS Citarum. Visi misi Jabar Juara Lahir Batin melalui inovasi dan kolaborasi ini terwujud melalui kolaborasi Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kominfo Jabar,” kata Prima dalam sambutannya.

Dikatakan Prima, melalui Command Center PPK DAS Citarum mendapatkan sumber data informasi mengenai perkembangan Citarum.

“Berpuluh tahun kita atasi Citarum di sepanjang 297 kilometer sungai di 13 kabupaten kota perlu mengintegrasikan semua kegiatan untuk menyelesaikan pencemaran dan kerusakan dalam kurun waktu 5 tahun,” ujar Prima.

Melalui Command Center, PPK DAS Citarum dapat memanfaatkan data yang terintegrasi guna melakukan perencanaan kegiatan dan bahan evaluasi sehingga tujuan dapat tercapai.

Menanggapi award tersebut, anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat H. Supono mengingatkan agar Pemprov Jabar tetap melaksanakan agenda kongkrit untuk membuat sungai Citarum lebih baik lagi.

“Jika mendapatkan penghargaan saya ucapkan selamat, tetapi penting juga bahwa penghargaan itu harus diikuti dengan agenda yang konkret dilapangan bahwa benar-benar Citarum dan DAS itu tertangani secara baik dan benar serta dirasakan oleh masyarakat,” kata H. Supono, Selasa (02/11/2021).

Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini bahwa secara realitas harus ada perbaikan sehingga musim penghujan tidak banjir dan juga di zona pengamanannya benar.

“Ada dan melibatkan masyarakat dan seterusnya, itu yang penting karena dilapangan belum sepenuhnya seperti itu, mudah-mudahan penghargaan ini mendorong perbaikan di sungai Citarum lebih baik lagi,” pungkas H. Supono.