CPD Parungpanjang Gelar Kejuaraan Petanque Pelajar Tingkat Nasional

Antar Daerah957 views

PARUNGPANJANG, Inionline.id – Club Petanque Dago (CPD) menggelar turnamen cabang olah raga petanque tingkat nasional untuk pelajar di lokasi wisata alam Gunung Dago Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor. Giat ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan sudah dimulai sejak, Sabtu (30/10/2021) lalu.

“Turnamen cabang olah raga petanque di ikuti 48 tim dari 16 sekolah tingkat SD, SMP dan SMA. Dari setiap satu sekolah dapat mengirimkan 3 sampai 6 tim. Sekolah ini berasal dari provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Timur,” ujar Muhlis, Ketua Panitia Pelaksana Turnamen, Senin (1/11/2021).

Ia mengatakan, kejuaraan pentaque bagi pelajar tibgkat nasional ini digagas oleh Club Petanque Dago dengan tujuan ajang mencari bibit atlit petanque. Menurutnya, gelaran turnamen berjalan karena pihak pengelola tempat wisata menyediakan lapangan berukuran 25 X 15 meter.

“Satu lapangan ada 8 line dan ini sudah standar nasional. Nantinya, para juara di turnamen ini akan mendapatkan hadiah yang telah disediakan oleh pihak panitia penyelenggara seperti medali, piala dan uang pembinaan,” ujar Muhlis.

Ia menjelaskan, turnamen pentaque ini menggunakan sistem pembagian poll. Dalam satu poll ada tiga tim yang nanti diurut menjadi dua terbaik dan berhak maju ke putaran kedua dengan sistim gugur. Untuk babak penyisihan, lanjut Mukhlis, peserta harus mencapai 11 poin dengan waktu satu jam.

Masih menurut pria yang juga salah satu pengurus Federasi Olah Raga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Bogor ini, olah raga petangque sudah dikenalkan dan berkembang di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor sejak tahun 2017.

Pengelola Wisata Alam Gunung Dago Mahpud Saripudin menyampaikan, turnamen petanque dilaksanakan di tempat wisata alam gunung Dago ini sesuai dengan visi misi Bupati Bogor yaitu Sport and Tourism.

“Sekarang PPKM masih kondisi level 3 sehingga kami batasi dan prokesnya kita laksanakan. Kami juga mewajibkan para peserta dan guru pembimbing yang masuk harus sudah tervaksin dua kali, harus memakai masker dan mencuci tangan.” tukasnya.

Sebagai informasi, olahraga petanque adalah permainan bola besi yang awal nya merupakan olahraga tradisional di Prancis dan berakar dari budaya Yunani Kuno. Pétanque mulai dimainkan secara modern pada tahun 1907.

Di Indonesia mulai resmi mengenal olahraga petanque ketika menjadi tuan rumah Sea Games 2011. Pétanque berada di bawah naungan organisasi Federasi Olahraga Pétanque Indonesia (FOPI) yang berdiri secara nasional sejak 2011. (Mul)