by

BNPB Apresiasi Tinggi Perjuangan Nakes dalam Menghadapi Covid-19

Inionline.id – Di Graha BNPB Jakarta, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima kunjungan perwakilan tenaga kesehatan (nakes) dan petugas penunjang yang terlibat dalam penanganan Covid-19, pada Jumat (12/11).

Pada kunjungan yang digagas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021 itu, Koordinator Substansi Bidang Pengembangan Jabatan Fungsional Kesehatan pada Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kemenkes, Jefri Thomas Alpha Edison menyatakan, kedatangan para tenaga kesehatan bertujuan untuk saling berbagi pengalaman baik dari BNPB maupun Satgas Penanganan Covid-19.

“Para tenaga Kesehatan ini adalah pahlawan-pahlawan Kesehatan. Teman-teman ini berasal dari seluruh Indonesia, tenaga kesehatan di puskesmas, tenaga kesehatan di rumah sakit dan fasilitas pelayanan Kesehatan lainnya serta teman-teman petugas pendukung lainnya. Diharapkan para nakes mendapat ilmu dan pengalaman yang telah dilakukan BNPB dan Satgas,” kata Jefri.

Pada kesempatan itu, Kepala Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB Bambang Surya Putra menyampaikan apresiasi terhadap perjuangan para nakes sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.

“Para tenaga kesehatan yang luar biasa, pengorbanan yang sungguh luar biasa berjibaku untuk menangani Covid-19,” ucap Bambang.

Dia menuturkan, ruangan yang digunakan untuk pertemuan saat itu merupakan tempat BNPB memantau kejadian bencana, yang beroperasi selama 24 jam.

“Ruangan ini adalah tempat BNPB melakukan upaya-upaya penanganan bencana dan Covid-19, antara lain melakukan koordinasi, memantau cuaca, kejadian bencana yang didapat secara realtime dan call center penanganan Covid-19,” lanjutnya.

Bambang mengungkapkan, pihaknya juga menyediakan call center khusus bagi nakes melalui Satgas Perlindungan Nakes dengan nomor 117 ext 3. Call center itu berfungsi menampung pengaduan terkait nakes, yang kemudian ditindaklanjuti dengan upaya memberi perlindungan, termasuk mencari kamar dan obat-obatan.

Call center yang kini juga mendukung penyaluran plasma konvalen khusus nakes itu disebut tetap berjalan sampai sekarang.

Selanjutnya, giliran Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah yang menceritakan perjalanan penanganan Covid-19 di Indonesia sejak dibentuk Gugus Tugas, hingga saat ini menjadi Satgas.