Akhir 2022 Obat COVID-19 Unair Non Vaksin Merah Putih akan Diproduksi

Berita157 views

Inionline.id – Obat COVID -19 tengah dikembangkan Universitas Airlangga (Unair) kini . Obat COVID -19 dengan kode Unair 3 ini diharapkan bisa diproduksi akhir 2022.

Obat COVID -19 ini ada dua macam. Pertama yaitu kombinasi dari antivirus yang sudah ada. Lalu yang kedua, merupakan obat tunggal dari hasil riset tim peneliti dan Kimia Farma .

Obat ini juga telah diserahkan ke Kimia Farma untuk dilakukan transfer teknologi.

“Mudah-mudahan kalau ini bisa single komponen inovasi ya. Bisa untuk mengantisipasi masa yang akan datang,” ujar Koordinator Peneliti Unair , Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih di Surabaya, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Selain Vaksin Merah Putih, Unair Kembangankan Obat COVID -19
Dia mengatakan, saat ini pihak Kimia Farma juga sedang melakukan proses pembuatan obat tersebut. pasti sesuai standar yang telah ditetapkan.

“Mereka (Kimia Farma) juga akan melakukan uji pre klinis dan klinis obat tersebut dengan laboratorium yang berstandar. Karena kami tidak punya fasilitas tersebut, maka saat ini sedang dilakukan transfer teknologi,” jelasnya.

Menurut Nyoman, bila mengikuti timeline dan proses transfer teknologi berjalan dengan baik, obat tunggal COVID-19 bisa diproduksi pada akhir tahun 2022.

“Sekarang lagi transfer teknologi. Mereka juga akan melakukan uji klinik dan pra klinik. Jadi sepertinya akhir tahun 2022 sih sepertinya begitu . Yang saya tahu kemaren timeline . Mudah-mudahan bisa lebih cepat. Kalau ini transfer teknologinya cepet kan mereka tinggal upskiling . Karena uji untuk review pra klinik ITU mereka butuh LEBIH Banyak Sekitar 100gram Bahan Yang kemaren kitd pakai untuk review pra klinik. Jadi Memang kalau obat Harus MASUK skala Anda lab, KARENA Kami TIDAK Punya telah dipakai ITU,” pungkasnya.