6.302 Rumah Terendam Banjir Selama 2 Pekan di Kapuas Hulu Kalbar, Warga Enggan Mengungsi

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Sudah dua pekan banjir tak kunjung surut di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Ribuan rumah terdampak banjir.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu pada Senin (22/11) pukul 17.30 WIB, ada 6.302 rumah penduduk terendam banjir. Kemudian 42.966 jiwa dan 290 fasilitas umum terdampak banjir.

Banjir tersebar di 9 kecamatan yaitu Kecamatan Batang Lupar, Kecamatan Badau (Pulau Majang), Kecamatan Silat Hilir, Kecamatan Semitau, Kecamatan Selimbau, Kecamatan Jongkong, Kecamatan Suhaid, Kecamatan Embaloh Hilir dan Kecamatan Bunut Hilir.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan melaporkan banyak warganya yang tak mau mengungsi. Mereka lebih memilih tinggal di rumah yang sudah terendam air.

“Pihak kecamatan sudah menyiapkan pengungsian, kendalanya warga kita tidak mau mengungsi, salah satu contoh di Semitau rumah warga sudah sepinggang orang dewasa di rendam banjir, namun masih saja tidak mau mengungsi,” kata Fransiskus Diaan, Selasa (23/11/2021).

Fansiskus mengatakan pihaknya sudah meninjau daerah pesisir Sungai Kapuas. Bantuan sudah disalurkan ke sejumlah wilayah terdampak banjir.

“Kita bersyukur banyak sejumlah pihak yang mau peduli dan memberikan bantuan, saya sempat bermalam di Semitau selain meninjau kondisi banjir saya juga ada menyerahkan bantuan dan informasinya Pak Gubernur juga akan berkunjung ke Kapuas Hulu meninjau dan menyerahkan bantuan,” tutur Fransiskus.

Kedepannya, kata Fransiskus, perlu adanya mitigasi bencana. Hal ini guna mengurangi dampak risiko banjir.