57 Truk Sampah Bandung Setop Operasi 3 Hari Karena Kendala BBM

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Gegara imbas imbas krisis pasokan bahan bakar minyak (BBM) operasional alat berat di tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat terhambat. Hal itu berdampak ke sejumlah wilayah di Bandung Raya salah satunya Kota Bandung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Dudi Prayudi mengatakan 57 truk sampah sempat tertahan dan tidak bisa membuang sampah ke TPA Sarimukti. “Ya yang jelas ada dampak ya, sampah-sampah yang di TPS belum bisa diangkut. Kemarin ada 57 truk sih, hari Jumat kemarin,” kata Dudi via sambungan telepon, Senin (8/11/2021).

Dudi mengungkapkan operasional alat berat di TPA Sarimukti mogok pada Jumat (5/11), lalu beroperasi kembali pada Minggu (7/11) siang.

“Sebetulnya sudah mulai dibuka lagi dan beroperasi lagi TPA Sarimukti kemarin di Hari Minggu siang. Saat ini sudah menuju normal, kita angkut sampah-sampah yang tertahan di TPS,” ucapnya.

Dudi memastikan sampah yang tertahan hanya saat Jumat-Minggu siang saja. Hari ini, kata dia, sudah beroperasi normal lagi.

“Pokoknya dari Jumat sampai Minggu pagi. Sekarang sudah dibuang ke sana semua,” ujarnya.

Meski demikian, Dudi mengatakan sebelumnya sempat terjadi penumpukan sampah. “Memang ada di beberapa tempat. Tapi hari ini oleh teman-teman disisir lagi, jadi memang butuh waktu untuk normal. Ini kan TPS Sarimukti pengelolaannya oleh DLHK provinsi, katanya ada kendala teknis berupa BBM alat beratnya. Tapi untuk lebih memastikannya bisa tanya ke DLHK provinsi,” terangnya.

Dudi menyebut, setiap tahunnya Pemkot Bandung membayar pembuangan sampah ke TPU Sarimukti Rp 31 miliar. Pemkot Bandung tidak pernah menunggak.

“Misalnya untuk bulan November, dibayar Desember,” kata Dudi.