1.400 Personel TNI-Polri Siaga Saat Ma’ruf Amin Akan Buka Peparnas XVI Papua

Berita157 views

Inionline.id – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin dijadwalkan membuka Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua. Dia telah bertolak menuju Papua.

Ma’ruf didampingi istri, Wury Estu Handayani, beserta rombongan terbatas terbang menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI Angkatan Udara dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/11/2021) pukul 06.00 WIB.

Dia diperkirakan tiba di Bandara Sentani Kabupaten Jayapura pada pukul 14.40 WIT.

Ma’ruf dijadwalkan meresmikan pembukaan Peparnas Papua di Stadion Mandala pukul 19.00 WIT.

1.400 Personel TNI-Polri Amankan Pembukaan

Sebanyak 1.400 personel TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan pembukaan Peparnas XVI Papua. Apel kesiapan pasukan keamanan dilaksanakan di lapangan apel Yonif RK 751/VJS di Sentani, Kabupaten Jayapura, dipimpin Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan.

Brigjen Izak dalam pengarahannya mengatakan apel gelar pasukan bertujuan mengecek dan melihat langsung kesiapan TNI-Polri dalam menjaga keamanan mulai pembukaan sampai penutupan Peparnas XVI Papua.

Diharapkan kesuksesan PON XX yang berjalan dengan aman, lancar, sukses ,dan nyaman dapat diteruskan pada penyelenggaraan Peparnas. Menurutnya, keberhasilan dan kesuksesan akan didapatkan apabila semua pihak bekerja sama, berkomunikasi, bersinergi, dan berkoordinasi dengan baik.

Dia mengatakan kelancaran Peparnas XVI Papua juga harus memberikan ruang partisipasi masyarakat untuk mengambil bagian dalam pengamanan selama Peparnas berlangsung. Dia juga mengingatkan untuk mewaspadai penularan COVID-19.

“Penerapan protokol kesehatan COVID-19, tetap harus diterapkan dan semua pihak waspada, serius dan disiplin untuk menghindari penularan COVID-19 dalam setiap kegiatan serta mengimbau masyarakat selalu menerapkan proses,” ucap Brigjen Izak.

Peparnas XVI Papua akan berlangsung hingga Sabtu (13/11) berlangsung di dua wilayah, yakni Kabupaten dan Kota Jayapura, dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan 638 nomor.

Atlet yang mengikuti Peparnas XVI Papua sebanyak 1.985 atlet, dengan 740 ofisial.

Pembukaan Peparnas Akan Tampilkan Sesuatu yang Berbeda
Serangkaian acara bakal menghiasi upacara pembukaan Peparnas XVI Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Mengusung tema ‘Cahaya dari Timur Papua’, upacara pembukaan Peparnas edisi ke-16 ini bakal dimulai pukul 19.00 WIT atau 17.00 WIB dan akan menampilkan konsep berbeda dengan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Kombinasi lampu LED, kembang api, dan yang paling menyita perhatian adalah atraksi 500 drone akan menghiasi langit Bumi Cenderawasih.

Ketua Opening and Closing Ceremony (OCC) Peparnas Papua, Toton Hutomi, mengatakan ratusan drone tersebut didatangkan dari California dan Dubai. Selain itu, pilotnya pun didatangkan dari Eropa dan Singapura.

Artis lokal dan nasional yang turut meramaikan upacara pembukaan pesta olahraga terbesar di Tanah Air untuk atlet disabilitas tersebut.

Sebut saja Anggun, Nowela Mikhelia, dan Edo Kondologit. Tarian dari berbagai daerah pun akan ditampilkan, termasuk dari tuan rumah Papua.

PB Peparnas menyediakan undangan bagi VVIP sebanyak 20 kartu, untuk jajaran kementerian dan lembaga 120 kartu, serta bagi masyarakat hanya 1.200 kartu saja.

Sedangkan OCC dan pendukung acara lainnya berjumlah sekitar 900-1.000 orang. Setelah melaksanakan satu kegiatan atau prosesi acara, yang bersangkutan akan langsung keluar dari lokasi acara pembukaan Peparnas XVI Papua.

PB Peparnas Papua akan memberdayakan penggunaan videotron bagi masyarakat yang tidak bisa masuk ke Stadion Mandala Jayapura.