Warung Pintar Meraih Penghargaan dari UN Women

Iptek057 views

Inionline.id – Warung Pintar Group menjadi pemenang honourable mentions dalam ajang penghargaan Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards yang diadakan oleh UN Women Indonesia. Warung Pintar meraih penghargaan pada Kategori Transparency and Reporting.

Warung Pintar mendapatkan apresiasi atas komitmen perusahaan terhadap transparansi dan pelaporan data gender yang melampaui persyaratan minimum dan berupaya mengukur, menganalisis, dan melaporkan kinerja kebijakan dan praktik bisnis responsif gender yang dilaksanakan di seluruh rantai nilai bisnis, termasuk para juragan perempuan.

Warung Pintar menghadirkan solusi terlengkap dengan mengintegrasikan seluruh pemain dalam ekosistem bisnis warung mulai dari pemilik warung maupun toko kelontong, pengusaha grosir, distributor, hingga brand.

Solusi ini memungkinkan seluruh pemain dapat tumbuh bersama termasuk para juragan perempuan yang tercatat jumlahnya adalah 56% dari total juragan yang bergabung dengan Warung Pintar. Terlebih di tengah pandemi melanda, berbagai sektor mengalami kesulitan dan terpaksa memberlakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), ibu rumah tangga yang buka usaha warung menjadi penyokong ekonomi keluarga.

Salah satu cerita juragan perempuan yang bergabung dengan Warung Pintar adalah Indrawati yang kerap disapa Iin yang telah bergabung bersama Warung Pintar sejak November 2020. Kondisi warung yang berada di gang kecil membuat dia sulit mendapatkan akses stok barang terbaik karena warungnya tidak terjangkau oleh sales.

Seringkali ia menunggu sales datang namun karena waktunya tidak menentu, barang di warung jadi sering kosong. Ia harus berkeliling dengan motor ke agen-agen atau toko grosir untuk mencari harga termurah agar warung tetap bisa untung yang mengakibatkan warung harus tutup kurang lebih 2 jam.

Biaya operasional juga harus ia keluarkan setidaknya Rp 30.000 tiap belanja untuk keperluan parkir, bensin, biaya kurir, dan lainnya. Juragan Iin juga sempat mencari solusi warung digital namun ia tidak dapat bergabung juga karena salah satu persyaratannya jalan depan warung harus dapat dilewati 1 mobil.

Teknologi dapat memberikan akses bagi perempuan untuk dapat berkontribusi lebih besar dalam menyokong ekonomi keluarga. Warung Pintar secara aktif memberdayakan dan mendorong pertumbuhan juragan warung perempuan yang tercatat jumlah perempuan mengalami kenaikan , 10% dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan riset internal yang dilakukan Warung Pintar, skala keterlibatan perempuan dalam proses bisnis warung adalah 7.29/10 yang artinya sangat tinggi peran Perempuan dalam keterlibatannya menjadi pengambil keputusan dalam bisnis warung meliputi pemesanan barang, penyelesaian masalah operasional, strategi pemasaran hingga strategi pengembagan bisnis. Respon pasangan atau keluarga juga positif sehingga semakin membentuk kesetaraan gender antara perempuan dan pasangannya dalam rumah tangga.

“Kami sangat mengapresiasi penghargaan dari UN Women Indonesia dan memberikan penghargaan tertinggi kami bagi para juragan perempuan yang menjadi inspirasi. Penghargaan ini semakin memberi semangat kami untuk terus mendorong inklusivitas akses teknologi untuk menghadirkan dampak secara menyeluruh bagi warung dan komunitasnya termasuk dalam hal kesetaraan gender. Kami percaya, semakin besar dampak Warung Pintar terhadap juragan perempuan, semakin besar pula kontribusi yang mereka berikan untuk kesejahteraan keluarganya,” jelas Agung Bezharie Hadinegoro, CEO Warung Pintar Group.