by

Wagub Riza Optimistis Bulan Depan Vaksinasi COVID-19 Jakarta akan Tuntas

Inionline.id – Sebanyak 10,6 juta warga DKI Jakarta telah disuntik dosis pertama vaksin COVID-19. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yakin bulan depan Jakarta bisa tuntaskan program vaksinasi.

“Insyaallah kalau melihat data seperti ini, insyaallah bulan depan juga sudah selesai kita harapkan. Dari target akhir tahun selesai, kita lebih awal dari target sebelumnya,” kata Riza di DPRD DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Kamis (14/10/2021).

Sejauh ini, Pemprov DKI Jakarta melaporkan capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 10.682.722 dengan proporsi 65% warga KTP DKI dan 35% warga non-KTP DKI. Kemudian, vaksinasi dosis kedua sebanyak 8.020.262 dengan proporsi KTP DKI 67% dan non-KTP DKI 33%.

“Dosis satu dan kedua sudah mencapai 18,7 juta. Mudah-mudahan tidak lama lagi kita akan mencapai target terakhir kita untuk mencapai 11,4 juta,” terang Riza.

Meskipun capaian vaksinasi tinggi, politikus Gerindra itu menyadari masih ada sekitar 1,8 juta warga KTP DKI yang enggan divaksinasi. Terkait hal ini, Pemprov DKI akan melakukan penyisiran data.

“Itu kan sudah disampaikan, update terakhir sekitar 1,8 juta nanti kita sisir kembali. Mohon bantuannya, terus sosialisasi kepada seluruh warga masyarakat untuk vaksin,” ujarnya.

Terakhir, Riza berharap 1,8 juta warga itu bersedia disuntik vaksin atas kesadaran sendiri, bukan takut disanksi aparat.

“Kami ingin seluruh masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi, jadikan semua ini, prokes, vaksin menjadi kebutuhan atas kesadaran kita. Bukan karena aturan, regulasi, aparat dan sanksi, tapi jadi kebutuhan bersama,” ujarnya.