by

Vaksinasi COVID-19 Dosis Lengkap Mencapai 25 Persen dari Target Sasaran

Inionline.id – Sebanyak 52.382.566 orang sudah menerima vaksinasi COVID-19 dosis kedua per Minggu (3/10). Angka ini mencapai lebih dari 25% dari target vaksinasi dosis lengkap.

Di samping dosis lengkap, sebanyak 93.515.493 orang sudah menerima vaksinasi COVID-19 dosis pertama. Angka tersebut sudah mencapai 44,9% dari target vaksin nasional.

“Pemerintah mengoptimalkan semua langkah yang dapat dilakukan untuk percepatan penyebarluasan vaksin ke seluruh daerah di Indonesia sehingga bisa menyentuh sampai masyarakat terpencil dan terluar,” kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi dikutip dari laman covid19.go.id, Senin (4/10/2021).

Sebelumnya, Nadia menjelaskan bahwa pemerintah akan mendistribusikan vaksin ke tujuh provinsi di Kalimantan dan Sumatera. Langkah ini seiring dengan kedatangan 453.960 dosis vaksin jadi Pfizer di Indonesia pada Jumat lalu.

Adapun ketujuh provinsi tersebut adalah, Kalimantan Barat (Pontianak), Kalimantan Utara melalui Berau, Kalimantan Timur (Samarinda), Kalimantan Tengah (Palangkaraya), Sumatera Barat (Padang), Sumatera Selatan (Palembang), serta Bangka Belitung (Pangkal Pinang).

‘Harapannya, upaya ini juga dapat mendorong pemerintah daerah, terutama yang capaian vaksinasinya masih rendah, untuk melakukan percepatan dan perluasan program vaksinasi,” kata Nadia.

Nadia juga mengatakan, pemerintah optimis dapat mencapai target vaksinasi 70% masyarakat Indonesia pada akhir 2021. Terlebih saat ini Indonesia termasuk 10 besar negara dengan jumlah vaksinasi tertinggi di dunia.

“Kita bersyukur, Indonesia dipuji dunia, karena kecepatan penurunan penularan, juga kecepatan vaksinasi. Pujian dari berbagai pihak menandakan langkah Indonesia sudah tepat, namun perlu terus kita tingkatkan dan optimalkan, dengan dukungan dan peran serta seluruh elemen bangsa,” katanya.