Vaksinasi Booster di Tahun 2022 Bisa Memakai Vaksin Merah Putih Unair

Berita257 views

Inionline.id – Pada 2022 Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) bisa untuk vaksinasi booster. Kini Unair tengah menyiapkan laporan untuk dievaluasi BPOM usai tuntaskan uji praklinis tahap kedua.

Rektor Unair Prof M Nasih mengatakan, pihaknya akan segera menyampaikan laporan uji praklinis tahap dua ke BPOM. Kemudian BPOM akan evaluasi untuk uji klinis.

“Tapi hari ini kita akan diskusikan lebih lanjut dengan Kemenkes terkait hasil uji praklinis tahap 2. Kemudian kita akan konsultasi lagi dengan BPOM berkaitan dengan kecukupan sampel dan lain-lain,” kata Nasih kepada wartawan di Gedung Rektorat Unair, Jumat (15/10/2021).

Nasih menjelaskan, dari sisi Unair sudah selesai uji praklinis. Akan tetapi dari BPOM, kemungkinan masih ada hal yang harus dikonsultasikan lebih lanjut berkaitan dengan hasil awal uji praklinis.

“Dari sisi laboratorium di makaka kita tuntaskan, tinggal proses pelaporan dan lain-lainnya yang harus kita konsultasikan secara terus-menerus. Manakala ada parameter-parameter atau indikator-indikator yang diperlukan lagi,” jelasnya.

“Sekarang dalam proses persiapan (uji klinis pada manusia). Untuk persiapan memang perlu banyak hal yang harus disiapkan sejak awal,” tambahnya.

Nasih juga yakin vaksin Merah Putih akan bisa lanjut hingga proses produksi. Sebab, PT Biotis sudah siap memproduksi vaksin dalam negeri ini.

Ia pun berharap vaksin Merah Putih bisa menjadi prioritas untuk Kemenkes. Sebab, nantinya bisa untuk vaksin booster tahun 2022.

“Kemenkes sudah memberikan komitmen untuk proses vaksinasi atau mungkin untuk booster. Tahun 2022 akan ada skenario yang berkaitan dengan penyuntikan vaksin,” pungkasnya.