Uu Ruzhanul Ulum Mengajak Santri Jadi Pelopor Vaksinasi

Antar Daerah557 views

Inionline.id – Dalam pencegahan COVID-19 Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta santri ikut berpartisipasi. Uu menginginkan para santri agar mulai aktif menjadi pelopor vaksinasi.

“Dalam suasana Covid seperti ini santri harus menjadi pelopor dalam vaksinasi khususnya di Jawa Barat,” kata Uu saat mengunjungi Ponpes As Sakinah Desa Burujul Kulon, Kecamatan Jatiwangi, Majalengka, Selasa (19/10/2021).

Menurutnya, seorang santri diharuskan memiliki peran multifungsi sesuai dengan sejarah seperti yang dilakukan para santri di masa lalu dengan berjuang melawan penjajahan. Uu berharap santri bisa hadir di berbagai tempat dan kesempatan sebagai bekal menjadi seorang pemimpin termasuk menjadi pelopor vaksinasi untuk mensukseskan pencegahan COVID-19.

“Karena santri ini adalah sebagai calon pemimpin, kalau calon pemimpin sejak kecil harus memiliki tanggungjawab, harus memiliki kebersamaan dan harus memiliki wawasan yang hebat,” ujarnya.

“Maka salah satu bentuk tanggungjawab, kebersamaan dan memiliki wawasan yang hebat hari ini adalah dengan menjadi pelopor dalam vaksinasi,” ucap Uu menambahkan.

Menurut Uu, dalam sejarahnya santri sempat menjadi pelopor dalam memperjuangkan kemerdekaan melawan penjajah. Sebab itu, kata dia, untuk saat ini santri juga harus menjadi pelopor untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Sehingga santri di jadikan suri tauladan bukan hanya dalam bidang ubudiah, tapi dalam bidang kemasyarakatan harus menjadi pelopor. Apalagi kalau santri jelas memahami ibadah kita bukan hanya ibadah mahdhah saja, tapi ibadah ghairu mahdhah juga sama,” kata Uu.

Uu juga menyampaikan jika saat ini 63 persen santri di Jawa Barat telah menerima vaksinasi COVID-19. “Pesantren di Jabar ada 15 ribu, santri di perkirakan sekitar 4,8 juta di Jabar dan yang sudah tervaksin 63 Persen di Jabar,” ujar Uu.