Usai Pandemi Sektor Properti Bisa Bergairah Lagi?

Inionline.id – Pandemi COVID-19 diprediksi akan cepat berakhir seiring dengan gencarnya vaksinasi yang dilakukan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan jika tahun 2022 kondisi pandemi akan terkendali.

Kondisi ini merupakan angin segar untuk para pelaku industri nasional. Apalagi beberapa sektor industri seperti properti mulai bangkit dan tumbuh lebih cepat dibandingkan tahun lalu. Aktivitas masyarakat disebut akan kembali normal. Kondisi ini mendorong peningkatan kebutuhan terhadap perkantoran dan hunian.

“Dampaknya, terjadi kebangkitan sektor properti dan perekonomian juga dapat berputar lebih cepat,” kata Aldi, Rabu (27/10/2021).

Dia menyebutkan dengan berakhirnya pandemi dan penyebaran COVID-19 yang terkendali akan menjadi momentum percepatan bisnis properti. Berbagai insentif yang diberikan pemerintah juga akan semakin optimal jika kondisi ekonomi kembali pulih.

Sejak pandemi terjadi awal tahun lalu, konsumsi di sektor properti telah bergeser ke kawasan rumah tapak dengan fasilitas yang lengkap. Seperti infrastruktur yang terhubung dengan teknologi informasi dan fasilitas yang mendukung aktivitas penghuni seperti sarana olahraga dan berbagai kebutuhan sosial lainnya.

Aldi mengatakan meningkatnya kebutuhan properti membuka window opportunity untuk membeli properti dalam 1-2 tahun ke depan. Dalam rentang dua tahun ke depan mungkin harga properti masih stabil, tapi setelah itu harga akan naik gila-gilaan.

Apalagi, kata Aldi, harga properti sedang terkoreksi dan bunga KPR masih sangat rendah. “Jadi sekarang affordability itu menjadi sedikit terpecahkan dengan KPR dan KPA yang murah. Dalam situasi ini developer harus siap karena berbagai faktor itu sangat bagus untuk properti,” jelasnya.

Saat ini Aldi mengungkapkan, sejumlah pengembang properti besar sangat agresif dalam mengembangkan proyek-proyek properti baru. Ia mencontohkan Agung Podomoro yang sejak tahun lalu terus mempercepat pembangunan sejumlah proyek propertinya di berbagai lokasi. Bahkan terbaru Agung Podomoro mengembangkan kawasan hunian tapak mewah di Jakarta Timur.
Menanggapi kondisi market properti saat ini, Marketing Director Agung Podomoro Agung Wirayaja mengatakan Agung Podomoro telah mengambil inisiatif di depan untuk menjadi katalisator industri properti dengan mengembangkan proyek kawasan premium di sejumlah wilayah.

“Agung Podomoro sebagai pemimpin pasar akan menjaga konsistensinya dalam memberikan produk properti yang terbaik. Prediksi WHO bahwa pandemi akan segera berakhir tentunya akan menjadi energi bagi sektor properti untuk bekerja lebih keras dengan menghadirkan produk-produk properti sesuai kebutuhan masyarakat,” ujar dia.

Agung Podomoro baru saja merilis kawasan properti premium yakni Bukit Podomoro Jakarta. Kehadiran mahakarya terbaru APLN ini merupakan solusi di tengah kebutuhan hunian eksklusif di ibu kota. Selain faktor lokasi strategis dan aksesibilitas yang lebih terjangkau, Bukit Podomoro Jakarta membawa value tinggi bagi penghuninya.

Sebelumnya APL juga telah memperkenalkan kota mandiri di wilayah Bogor yakni Kota Podomoro Tenjo. Penjualan rumah tapak di Kota Podomoro Tenjo sudah terjual lebih dari 2.500 unit sejak dilincurkan pada Agustus 2020. Kota Podomoro Tenjo melengkapi fasilitasnya dengan memulai pembangunan club house, fasilitas premium bagi warga.

Podomoro Golf View di Cimanggis, Depok, Jawa Barat yang sangat fokus dalam pengembangan fasilitas demi terciptanya kualitas kehidupan terbaik dari penghuninya. Podomoro Golf View meluncurkan satu klaster terbaru yang terdiri dari 300 unit hunian yakni The New Cottage Klaster Khaya dan The Private Resort Club House. Podomoro Golf View dihadirkan dalam konsep one stop living, hunian terpadu dengan bangunan superblock. Penghuninya dapat melakukan semua aktivitasnya di kawasan yang sama sehingga mobilitas dan produktivitasnya semakin efektif.

Sementara itu, Podomoro Park Bandung terus melengkapi fasilitas rumah ibadah dan pendidikan dengan hadirnya Yayasan Pesantren Islam Al Azhar dan juga fasilitas Kesehatan yakni Primaya Hospital di kawasan tersebut. Ground breaking pembangunan sekolah dan Masjid Raya Al Azhar telah dilakukan bulan lalu.

“Milestone Agung Podomoro sangat kuat bahkan di tengah situasi krisis. Ke depan Perusahaan akan terus aktif dalam mengembangkan proyek properti terdepan dan terbaik sehingga dapat terus berkontribusi terhadap penguatan ekonomi Indonesia,” jelas Agung.