Sah! DPD Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta Periode 2021-2026 Resmi Dilantik, Ini Harapan Ketua Baru

Berita, Nasional257 views

Inionline.id – Bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta melaksanakan pelantikan kepengurusan masa khidmat 2021-2026 di Auditorium Kementrian Pertanian, Jakarta, Kamis (28/10/2021).

Pada acara tersebut, telah dilantik sebagai Ketua DPD Pemuda Tani DKI Jakarta Aji Andika Mufti, Sekertaris Ayip Tayana, dan Bendahara Rizki Hendarji Putra.

Turut hadir dalam pelantikan diantaranya Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali, Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI Rina Saadah, jajaran pengurus DPP, serta seluruh Keluarga besar DPD Pemuda Tani HKTI se Indonesiaa dan Ketua DPD HKTI DKI Jakarta Budi.

Kegiatan yang mengusung tema “Pemuda Bersatu Petani Sejahtera, Indonesia Maju” dinilai sangat relevan terhadap berbagai tantangan pertanian dan petani. Mulai dari impor, kesejahteraan petani, dan daya saing produk/komoditas.

Karena ketergantungan pada import masih sangat besar, sesuai data BPS per Agustus 2021, Import Pertanian – Kehutanan – Perikanan sebesar 12,38 Miliar $. Sedangkan Export Pertanian – Kehutanan – Perikanan sebesar 345 juta $.

Sementara, BPS juga merilis data bahwa nilai ekspor pertanian pada bulan September 2021 mengalami kenaikan sebesar 15,04 persen (MtM). Kenaikan terjadi setelah komoditas kopi menyumbang kontribusi sebesar 20,79 (MtM) atau 3,87 persen secara (YoY).

Selain kopi, komoditas tanaman obat, aromatik, dan buah-buahan tahunan juga menyumbang share cukup tinggi, yakni sebesar 19,43 persen untuk komoditas tanaman obat dan 9,62 persen untuk komoditas buah tahunan.

Sehingga secara kumulatif, total ekspor non migas dari Januari sampai September 2021 mengalami peningkatan sebesar 39,84 persen, dimana sektor pertanian meningkat 7,37 persen.

Dalam paparannya, DPD Pemuda Tani DKI Jakarta yang baru saja dilantik Aji Andika Mufti mengatakan, seperti yang dirasakan Santi dan Yono seorang pemuda tani di Jakarta Utara dan Kepaulauan Seribu, yang menyebut jika saat ini petani di Ibukota, merasakan massifnya penyerobotan lahan pertanian dengan dalih pembangunan.

“Santi dan Yono merasakan ibu kota lebih sayang pada para politisi, politisi diberikan intensif kerja, tunjangan kerja, hingga fee projek. Tapi kami, para Petani yang menjadi aktor utama kedaulatan pangan bangsa tetap berada di kelas ke sekian dalam strata negara,” kata Aji menuturkan gejolak pemikiran Santi dan Yono.

“Jangankan intensif dan tunjangan yang tidak pernah kami impikan, urusan harga jual produk pertanian pun kami dalam tekanan.” tambahnya.

Oleh karena itu, memilih menjadi bagian dari Pemuda Tani HKTI adalah jalan untuk mensejahterakan Santi, Yono, dan Petani muda lainnya yang bernasib sama.

“Menjadi petani adalah cara kami mencintai Indonesia secara utuh.” ujarnya.

Karena kedaulatan pangan menjadi tanggung jawab bersama sebagai anak bangsa. Dalam hal ini, Pemuda tani sangat potensial untuk ikut berkontribusi dan berperan aktif dalam perjuangan mewujudkan kedaulatan pangan secara terintegrasi dan berkesinambungan.

“Salah satunya dengan peningkatan kapasitas produksi yang ramah lingkungan, dengan jaringan distribusi pasar lokal dan internasional baik BTG – BTB & BTC & akses permodalan yang terjangkau,” Katanya.

Terkait peran Pemuda Tani DKI Jakarta yang dianggap memiliki keterbatasan lahan untuk bercocok tanam, Aji menilai ketika berbicara sektor pertanian, bukan hanya pada lahan saja. Tetapi bagaimana masyarakat dapat melihat market ke depan dalam industri pertanian.

“Di Jakarta harus betul-betul disinergikan dengan setiap stakeholder baik pemerintah maupun perusahaan-perusahaan pertanian,” tegasnya.

Aji juga menyebut bertani di Jakarta sama seperti di perdesaan bukan masalah. Dengan perkembangan teknolog pertanian, pertanian urban dapat berupa pertanian vertikal, hidroponik, atau aquaponik. Di negara kecil seperti Singapura, Sky Greens menjadi perusahaan yang berhasil menerapkan pertanian vertikal.

“Sedangkan aquaponik dalam ruangan, telah dikembangkan di Chicago, Amerika Serikat. Produksinya diklaim mencapai 15 kali lebih banyak dibandingkan pertanian tradisional.” Bebernya.

Dengan demikian, Aji menyebut bahwa Pemuda Tani DKI Jakarta juga bisa menjadi HUB pemasaran hasil produksi pertanian nasional. Artinya sebagai penghubung produksi pertanian Pemuda Tani HKTI di Daerah lain dengan pihak dunia usaha dan dunia industri.

Pihaknya menegaskan, Pemuda DKI Jakarta ini akan memfasilitasi itu dan meningkatkan minat pemuda Jakarta untuk terjun di bidang pertanian.

Pandemi Covid-19 saat ini juga dinilai Aji bukan mejadi penghalang untuk terus meningkatkan produksi di bidang pertanian. Oleh karena itu, lanjut Aji, petani harus bisa berinovasi dan mengikuti segala pendampingan yang diberikan pemerintah di masa pandemi Covid-19.

Dia berharap, Pemerintah daerah maupun pusat untuk terus melakukan pembenahan dan memberikan jaminan terhadap produk pertanian itu sendiri. Terkait hal ini, Aji menyebut, jika Provinsi DKI Jakarta siap menjadi hub pemasaran hasil produksi pertanian nasional.

Menurutnya, skema Jakarta sebagai HUB menjadi sirkel untuk pertanian. Sehingga pihaknya ingin menghubungkan antara pemerintah, pengusaha, dan UMKM yang bergerak di bidang pertanian untuk bisa berjalan dengan baik.

“Saya ingin mengatakan bahwa Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta siap untuk memposisikan diri sebagai penghubung produksi pertanian teman-teman Pemuda HKTI di Daerah lain,” ucap Aji.

Aji mengungkapkan, sejauh ini permintaan petani di Indonesia hanya ingin hasil produksinya distribusikan dengan baik. Karena itu, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan unsur lainya yang perlu memperhatikan secara khusus dan terlibat dalam proses produksi dan Pemasaran pertanian.

Terakhir, di pelantikan yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ini, Aji berharap agar pemuda Indonesia memiliki semangat untuk terjun ke sektor pertanian dengan harapan akan mendapat masa depan yang cerah.

Sebagai informasi, HKTI saat ini dipimpin oleh Jenderal TNI (Purn) Moeldoko sebagai ketua umum. Sedangkan DPP Pemuda Tani HKTI diketuai oleh Rina Saadah Adisurya. (Red/*).