Protokol Kesehatan dan Vaksinasi untuk PON XX dan Papernas XVI yang Aman

Berita257 views

Inionline.id – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua disebut sebagai penguat nilai-nilai kesatuan dan kesetaraan bangsa, di mana ajang kompetisi ini menjadi yang terbesar dan pertama kali dilaksanakan di masa pandemi.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate pada Sabtu (2/10). Sebelumnya, kedua kegiatan yang dibuka pada Sabtu (2/10) itu sempat ditunda selama setahun. Selain sebagai catatan sejarah bahwa Indonesia mampu menghelat kegiatan berskala nasional di tengah pandemi, PON XX dan Peparnas XVI sekaligus menunjukkan kemajuan Papua, antara lain infrastruktur yang sudah dibangun.

“Kita tunjukkan pada dunia, kita mampu menggelar acara olahraga berskala nasional ini. Slogan ‘Torang Bisa!’ menjadi perwujudan semangat kita semua untuk menyukseskan PON XX dan Peparnas XVI Papua yang aman dengan prokes dan vaksinasi,” ujar Johnny.

Mengusung tema Mentari Harapan Baru dari Timur, PON dan Peparnas diharapkan membawa semangat perubahan bagi bangsa yang digaungkan dari timur Indonesia. Bak matahari terbit di pagi hari, penyelenggaraan PON dan Peparnas bertujuan memantik semangat membangun masa depan, memperkuat jati diri bangsa, serta menyatukan segenap hati dan cinta rakyat Indonesia.

Johnny mengatakan, dalam perhelatan PON dan Peparnas, kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terlibat menjadi prioritas paling penting. Untuk itu, pemerintah menegakkan aturan bahwa semua orang yang terlibat diwajibkan mendapatkan dua dosis vaksinasi Covid-19.

Tak sampai di sana, pemerintah juga memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat, diikuti penguatan sistem kesehatan. Di sisi lain, pemerintah turut melengkapi fasilitas kesehatan agar dapat memenuhi kebutuhan selama penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Papua.

Dengan semua persiapan yang sudah dilakukan, Johnny yakin Papua siap menjadi tuan rumah PON dan Peparnas. Lebih dari itu, hal ini juga menunjukkan bahwa Indonesia siap menggelar acara yang lebih besar, bahkan berskala internasional.

“Mari kita sambut bersama PON XX dan Peparnas XVI Papua, Mentari Harapan Baru dari Timur. Torang Bisa!” kata Johnny.