Pria di Norwegia Ditangkap Karena Menyerang Warga dengan Busur Panah, 5 Orang Tewas

Internasional257 views

Inionline.id – Di Norwegia bagian tenggara Lima orang tewas dalam serangan busur panah. Pelaku penyerangan berhasil ditangkap polisi setempat.

Kamis (14/10/2021), dua orang lainnya luka-luka dalam serangan yang terjadi di beberapa lokasi terpisah di pusat kota Kongsberg pada Rabu (13/10) waktu setempat.

Motif penyerangan itu belum diketahui secara pasti. Namun, kepolisian setempat menyatakan motif terorisme belum dikesampingkan.

Pejabat kepolisian setempat, Oyvind Aas, menyatakan dirinya ‘dengan sangat disayangkan mengonfirmasi’ bahwa lima orang tewas dalam serangan tersebut. Dua korban luka-luka dilaporkan tengah dirawat di unit perawatan kritis di rumah sakit setempat, namun nyawa keduanya dinilai tidak terancam.

Salah satu korban luka merupakan seorang polisi yang sedang tidak bertugas dan tengah berada di dalam toko, yang menjadi salah satu lokasi serangan.

“Pria yang melakukan aksi ini telah ditangkap polisi dan menurut informasi kami, hanya ada satu orang yang terlibat,” ujar Aas dalam konferensi pers.

Dia mengatakan bahwa ‘mengingat bagaimana peristiwa itu terjadi, wajar untuk menilai apakah ini serangan teroris’.

“Pria yang ditangkap belum diinterogasi dan masih terlalu dini untuk mengatakan apapun soal motifnya,” imbuh Aas, sembari menyebut bahwa ‘semua kemungkinan masih terbuka’.

Identitas pelaku belum diungkap ke publik. Namun televisi lokal, TV2, melaporkan bahwa pelaku berkewarganegaraan Norwegia dan memiliki riwayat medis — informasi yang belum dikonfirmasi otoritas Norwegia.

Kepolisian setempat dalam pernyataannya hanya menyebut pelaku telah dibawa ke kantor polisi dekat kota Drammen, setelah ditangkap pada Rabu (13/10) sekitar pukul 18.47 waktu setempat. Tidak diketahui juga apakah pelaku pernah terlibat tindak kriminal sebelumnya.