Prabowo ‘Kawal’ Jokowi saat Upacara Penetapan Komcad

Berita057 views

Inionline.id – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2021 di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (7/10).

Prabowo mendampingi Jokowi saat di atas jip melakukan inspeksi barisan pasukan komcad.

Momen ini bermula saat Jokowi turun podium dan bergegas menaiki jip. Prabowo pun mengikuti di belakang Jokowi. Kemudian, keduanya berdiri tegap di atas jip yang dikendarai prajurit perempuan.

Mobil itu pun berkeliling dari ujung ke ujung barisan pasukan Komcad. Jokowi dan Prabowo terlihat memantau kesiapan para prajurit didikan TNI itu.

Setelah satu putaran, jip kembali ke depan podium. Jokowi pun kembali ke mimbar inspektur upacara. Sementara itu, Prabowo bersiaga tepat di belakang Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi melantik 3.103 orang anggota Komcad. Para tentara cadangan itu adalah warga sipil yang telah menjalani pelatihan dasar militer sejak 21 Juni sampai dengan 21 September 2021.

Jokowi berpesan kepada para anggota Komcad untuk siaga sewaktu-waktu negara memanggil. Ia juga berpesan agar kekuatan Komcad tak digunakan sembarangan.

“Artinya tidak ada anggota komponen cadangan yang melakukan kegiatan mandiri. Perlu saya tegaskan, komponen cadangan tidak boleh digunakan untuk lain, kecuali kepentingan pertahanan,” ucap Jokowi pada upacara di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (7/10).

Komcad adalah tentara cadangan yang dipersiapkan pemerintah. Pembentukan satuan ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021. Rencananya, pemerintah akan merekrut 25 ribu orang ke dalam Komcad.

Pemerintah berencana merekrut 25 ribu orang untuk bergabung ke Komcad. Perekrutan dilakukan secara bertahap mulai awal 2021.