PPKM Kembali Diperpanjang, Jabodetabek Masih Level 3

Nasional057 views

Inionline.id – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Bekasi tidak akan turun level pada perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kali ini.

Luhut menyebut keputusan itu mengacu pada capaian vaksinasi di beberapa daerah di Jabodetabek yang masih kurang. Dengan demikian, Jabodetabek masih harus memberlakukan PPKM Level 3 hingga 18 Oktober mendatang.

“Jabodetabek belum turun karena ada di kabupaten Bogor, kab Bandung, kabupaten Tangerang, dan Bekasi masih kekurangan vaksinasi level 3,” kata Luhut dalam ko ferensi pers daring, Senin (4/10).

Terkait itu, Luhut mengatakan pemerintah akan menargetkan suntikan sebanyak 2 juta vaksin untuk dua minggu.

“Kami berlakukan task force untuk ini. Ada 2 juta vaksin kita suntikkan dua Minggu ke depan,” ucapnya.

Selain itu, Luhut juga menyampaikan Bandung Raya, Malang Raya dan Surabaya Raya juga tetap berada di level 3. Hal itu disebabkan, capaian vaksinasi yang belum mencapai target.

“Khusus Magelang, Bandung raya, malang raya, Surabaya turun secara WHO. Namun capaian vaksinasi belum target sehingga tetap level 3,” ungkapnya.

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM berlevel (levelling) untuk menangani pandemi virus corona (Covid-19) di sejumlah daerah Jawa-Bali mulai besok 5 Oktober sampai 18 Oktober.

Luhut meminta pemerintah untuk tidak terlalu bergembira dengan penurunan kasus virus corona yang berpotensi mengakibatkan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

“Dalam penerapan PPKM level selama dua minggu ke depan, masih terdapat 20 kabupaten/kota yang bertahan di level 2, yang didominasi oleh Semarang Raya dan Solo Raya, Solo Raya sekarang masuk Level 2,” kata Luhut.