by

PPKM Jawa-Bali Sampai Kapan Diperpanjang, Ini Kabar Terbarunya

Inionline.id – PPKM Jawa Bali diperpanjang sampai kapan? Jawaban dari pertanyaan ini masih dicari masyarakat. Hal ini lantaran pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa Bali.

Adapun saat ini daerah-daerah di Jawa dan Bali sudah tidak menerapkan PPKM level 4. Hal ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 47 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Lalu, PPKM Jawa Bali diperpanjang sampai kapan? bagaimana dengan aturan terbarunya? Berikut informasi yang sudah kami rangkum.

PPKM Jawa Bali Diperpanjang Sampai Kapan? Ini Jawabannya

Kabar soal perpanjangan PPKM untuk wilayah Jawa Bali tertera dalam Inmendagri nomor 47/2021. Aturan tersebut berlaku selama 2 pekan, tepatnya sampai 18 Oktober 2021 mendatang.

“Pemerintah sekali lagi mempertegas pertanyaan banyak orang kapan PPKM Level Jawa-Bali ini akan diberlakukan. Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM Level ini di seluruh wilayah Jawa Bali dan melakukan evaluasinya tiap satu minggu guna menekan angka kasus konfirmasi dan tidak mengulang kejadian yang sama di kemudian hari,” ujar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual untuk menyampaikan keputusan terkait kelanjutan PPKM, Senin (13/9/2021) lalu.

Luhut juga menyampaikan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi daerah di Jawa Bali yang menerapkan PPKM level 4. Hal ini juga diatur dalam Inmendagri nomor 47 tahun 2021.

“Dari berbagai perbaikan tersebut, saya sampaikan tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa Bali. Jadi semua di level 3 dan level 2,” ujarnya.

Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan PPKM Jawa Bali diperpanjang sampai kapan, baiknya untuk mengetahui penyesuaian aturan dalam PPKM Jawa Bali ini.

PPKM Jawa Bali Diperpanjang Sampai Kapan: Aturan Terbaru

Diketahui bahwa dalam Inmendagri nomor 47 tahun 2021, ada sejumlah pelonggaran aturan. Berikut ulasannya.

Pembukaan Pusat Kebugaran atau gym

Pusat Kebugaran atau gym diizinkan untuk beroperasi dengan pembatasan kapasitas pengunjungnya menjadi 25 persen. Namun hal ini belum berlaku di seluruh Jawa Bali. Pembukaan Pusat Kebugaran hanya berlaku di wilayah aglomerasi seperti, Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Yogyakarta, dan Surabaya Raya.

Aturan Penerbangan Internasional

Pemerintah juga melakukan pelonggaran aturan mengenai penerbangan internasional. Diketahui bahwa pemerintah mulai menguji coba pembukaan penerbangan internasional pada 14 Oktober 2021 mendatang.

“Bandara Ngurah Rai, Bali, akan dibuka untuk internasional pada tanggal 14 Oktober 2021, selama memenuhi ketentuan dan persyaratan mengenai karantina, tes, dan kesiapan satgas,” ucap Luhut, Senin (4/10/2021)

Aturan Makan di Bioskop

Informasi lainnya mengenai perpanjangan PPKM Jawa-Bali adalah dibukanya counter makanan dan minuman di bioskop. Hal ini berarti masyarakat bisa menyaksikan film di bioskop sambil membawa makanan pesanannya.

“Konter makanan dan minuman dalam bioskop boleh namun kapasitas bioskop tetap 50 persen nanti kita liat seminggu ke depan. Kalau ada perbaikan lagi kita akan kembangkan lagi ke depan,” ucap Luhut.

PPKM Jawa Bali Diperpanjang Sampai Kapan: Data Covid-19 Harian

Diketahui bahwa berdasarkan data kasus Covid-19 yang disampaikan Humas BNPB, sebanyak 894 kasus positif Covid-19 ditemukan pada Minggu 10 Oktober kemarin. Hal ini terlihat jumlah kasus aktif hari ini turun 729 kasus dari hari sebelumnya.
Selain itu, pemerintah juga melaporkan sebanyak 1.584 pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 hari ini. Total pasien yang telah sembuh dari Corona sejak Maret 2020 hingga hari ini berjumlah 4.060.851 orang.

Namun, masyarakat diminta menaati aturan yang diberlakukan selama PPKM agar pandemi virus Corona dapat teratasi. Selain itu, pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk terus menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, serta menjaga jarak.

Demikian informasi soal PPKM Jawa Bali diperpanjang sampai kapan. Cek berkala aturan yang berlaku ya.