by

Peristiwa Viral PON XX Papua, Iwan Suryawan Himbau Semua Pihak Lebih Sportif

Papua, Inionline.Id –¬†Banyaknya peristiwa viral yang mengarah kepada pemberitaan negatif seperti perkelahian antara kontingen tinju DKI melawan Relawan Papua yang berujung damai di kantor polisi serta kontroversi pemain Persija di Muaythai PON Papua menambah panjang rentetan berita di pesta olahraga bangsa Indonesia tahun ini.

Hal tersebut membuat anggota Komisi V DPRD Jawa Barat H. Iwan Suryawan angkat bicara.

Menurutnya, masalah-masalah yang terjadi dalam PON siapapun tuan rumahnya kemungkinan besar akan mengalami hal-hal serupa.

“Namun yang harus kita perkecil adalah tingkat konfliknya, dengan menjunjung sportifitas,” ujar H. Iwan, Sabtu (09/10/2021).

Lebih lanjut, legislator asal Kota Bogor ini juga menilai jika berbicara dari sisi gengsi hasilnya akan selalu berbeda.

“Tapi kalau berbicara atlet yang dihasilkan dari PON ini yang siap tempur di tingkat internasional tentunya ini yang perlu kita perhatikan walaupun keinginan menang semua daerah besar,” tukas H. Iwan.

Dirinya pun mengingatkan kepada semua pihak untuk tidak mengabaikan aspek pembinaan, maka akan banyak aspek yang akan berkurang.

“Oke semua atlet menjadi kebanggan daerah masing-masing, tetapi jangan berlebihan karena ketika bertanding, kualitas atlet tidak bisa dikesampingkan bahwa mereka adalah hasil pembinaan,” tuturnya.

Maka dari itu ketika masuk sebuah pertandingan, mantan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini menyarankan agar semua pihak bekerja dengan baik dari mulai atletnya, wasit, official pertandingan, hingga pelatihnya.

“Silahkan tanya ke hati masing-masing pihak apakah mereka sudah benar atau tidak dalam menjalankan satu pertandingan dimana komponen yang dikandungnya cukup banyak,” pungkas H. Iwan Suryawan.