Pemerintah Menguji Coba New Normal PPKM Level 1 di Blitar

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Pemerintah melakukan uji coba PPKM level 1 atau New Normal di Kota Blitar, Jawa Timur, pada perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kali ini.

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan Blitar menjadi daerah terpilih uji coba new normal karena sudah memenuhi syarat indikator WHO dan target vaksinasi.

“Uji coba pemberlakuan PPKM level 1 dilakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target cakupan vaksinasi dosis 1 (yaitu) 70 persen dan lansia 60 persen,” ujar Luhut dalam konferensi pers hari Senin (4/10).

Luhut melanjutkan bahwa penerapan PPKM level 1 di Blitar akan diimbangi dengan surveilans, testing, tracing, dan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami sudah bentuk task force yang terdiri dari pakar dan ahli untuk tinggal beberapa waktu di Blitar untuk memonitor,” tambah Luhut.

Ia memaparkan bahwa pemerintah akan mengawasi dengan ketat seluruh kegiatan masyarakat di Kota Blitar. Harapannya jika uji coba ini berhasil, akan dikembangkan di daerah lainnya yang sudah sesuai dengan persyaratan.

“[Pemerintah] akan mengawasi dengan ketat agar dapat merespon bila ada hal-hal uang dianggap menjadi darurat, sehingga tidak berkembang menjadi liar,” tutur Luhut.