Pemerintah Mempercepat Vaksinasi Lansia Untuk Hadapi Libur Nataru

Nasional157 views

Inionline.id – Pada saat libur Natal dan Tahun Baru Pemerintah percepat vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19. Prioritas percepatan vaksin ini diutamakan di wilayah aglomerasi dan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menyebutkan pemerintah tengah menyiapkan strategi antisipasi Covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru, salah satunya dengan memastikan pelonggaran aktivitas diikuti pengendalian lapangan yang ketat.

Hal ini akan diikuti dengan percepatan vaksinasi lansia, terutama di wilayah aglomerasi dan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi.

“Pemerintah juga mendorong percepatan program vaksinasi untuk remaja. Tujuannya adalah agar jika terjadi gelombang berikutnya, angka kematian dan perawatan rumah sakit dapat ditekan. Harapannya pada saat liburan Natal dan Tahun Baru imunitas sudah terbentuk,” katanya.

Saat ini pemerintah mengantisipasi mobilitas pelaku perjalanan internasional yang berwisata ke Bali menyusul akan dibukanya Bandara Ngurah Rai. Pemda diminta betul-betul serius mengawasi kegiatan masyarakat serta mengedukasi warga di daerah tentang rincian protokol kesehatan yang harus dijalankan

Johnny mengungkap prioritas pemerintah adalah mempertahankan kasus aktif serendah mungkin dalam waktu yang lama dengan penurunan kasus yang konsisten. Pemerintah juga terus mengevaluasi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah di Indonesia. Berdasarkan evaluasi PPKM yang dilakukan secara periodik peningkatan kasus Covid-19 berpotensi terjadi setelah acara keagamaan atau liburan.

“Hal ini karena mobilitas masyarakat meningkat tajam dan pergerakan massa yang signifikan tidak terelakkan,” ujarnya.

Pemerintah, lanjutnya, akan terus mengingatkan masyarakat Indonesia untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar penurunan kasus COVID-19 di Indonesia dapat konsisten.

“Disiplin protokol kesehatan tetap menjadi kunci utama bagi setiap daerah agar daerah level PPKM tidak naik,” tegas Johnny.

Di sisi lain upaya vaksinasi tak boleh mengendur. Justru saat kasus positif Covid-19 tengah rendah, vaksinasi harus ditingkatkan terutama bagi lansia dan kelompok rentan.