Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Patuhi Aturan PPKM

Nasional057 views

Inionline.id – Pemerintah kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin memakai masker. Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny Plate mengatakan, meski kondisi pandemi membaik, namun tak boleh lengah atas risiko penyebaran virus corona.

Hingga saat ini, kasus aktif Covid-19 terus menurun hingga kurang dari 30 ribu, dengan tingkat kesembuhan mencapai 96 persen. Johnny menyebut, kondisi negara lain yang tengah menghadapi peningkatan kasus harus jadi pelajaran, sekaligus peringatan bagi masyarakat.

“Perlu ada percepatan vaksinasi pada kelompok lansia yang saat ini baru 6,9 juta dosis 1 dan 4,5 juta dosis lengkap dan vaksin remaja yang 3,9 juta dosis 1 dan 2,8 juta dosis lengkap,” ujarnya.

Lebih lanjut, Johnny juga meminta agar seluruh pihak, termasuk pelaku usaha, agar tetap mematuhi peraturan dan protokol kesehatan pada pelaksanaan PPKM seperti yang tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 47 dan 48 Tahun 2021. Dia menegaskan, pemerintah tidak akan ragu menjatuhkan sanksi kepada pihak yang melanggar aturan PPKM.

“Sanksi dijatuhkan kepada siapa pun yang melanggar. Hal ini semata-mata untuk mengendalikan pandemi dan kesehatan semua pihak,” kata Johnny.

Diketahui, peningkatan jumlah kasus harian Covid-19 tengah terjadi di sejumlah negara, seperti di Singapura yang mencapai 3.577 kasus pada Rabu (6/10), melampaui penambahan pada hari sebelumnya sebanyak 3.486 kasus.